Tiga Desa di Bulungan Terapkan SID

Tiga Desa di Bulungan Terapkan SID

Bulungan, CitraBenuanta – Di era kini, kemajuan teknologi telah merambah di berbagai bidang, termasuk dalam bidang pelayanan kepada masyarakat untuk mempermudah akses yang diinginkan, di Bulungan sendiri kini ada tiga desa yang menerapkan Sistem Informasi Desa (SID). SID ini merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintah Desa, yaitu Desa Ardi Mulyo dan Panca Agung Kecamatan Tanjung Palas

Bulungan, CitraBenuanta – Di era kini, kemajuan teknologi telah merambah di berbagai bidang, termasuk dalam bidang pelayanan kepada masyarakat untuk mempermudah akses yang diinginkan, di Bulungan sendiri kini ada tiga desa yang menerapkan Sistem Informasi Desa (SID).

SID ini merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintah Desa, yaitu Desa Ardi Mulyo dan Panca Agung Kecamatan Tanjung Palas Utara serta Desa Pura Agung Kecamatan Tanjung Palas Timur dengan Perkumpulan Lingkar Hutan (PLH) dan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) dan mendapat dukungan Pemerintah Kecamatan dan daerah yang di-launching pada, Minggu (30/8).

Launching tersebut langsung dihadiri oleh Bupati Bulungan Sudjati serta Wakil Bupati Ingkong Ala, Kepala Diskominfo Bulungan M.Zulkifli dan beberapa OPD dilingkungan Pemkab Bulungan serta perwakilan dari DPRD Bulungan.

Sistem ini terbentuk dengan adanya layanan Kominfo berbasis web Desa id. Operator Desa akan menampilkan  beberapa data dan informasi tentang desa yang dirangkum dalam satu format software dan web desa id untuk menunjang kemudahan akses masyarakat maupun pemerintah desa dalam pelayanan serta menyajikan informasi.

Bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Ardi Mulyo Bupati mengapresiasi apa yang telah dilakukan tersebut, hal ini lanjutnya tentu akan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akses pelayanan di desa.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan ini, baik kepada desa, PLH dan Walhi,” sebutnya.

Ia melanjutkan terwujudnya sistem tersebut ia harapkan agar lebih baik lagi kedepannya, dengan adanya SID di tiga desa tersebut, desa yang lain juga dapat melaksanakannya.

“Yang tentunya desa yang sudah terkoneksi internet, SID ini juga kami harapkan bisa dikoneksikan dengan web dengan pemkab bulungan, agar untuk mempermudah akses data,” ucapnya.

SID diharapkan bupati tidak hanya menampilkan profil desa atau pelayanan lainnya, namun juga diharapakan dapat menampilkan potensi-potensi di desa, bisa menjadi marketplace untuk hasil produksi UMKM desa maupun industri rumah tangga.

“Sehingga ada daya saing dengan daerah lainnya dalam memasarkan produk-produk sehingga meningkatkan penghasilan masyarakat,” ucapnya.

Bupati menyebutkan, SID juga diharapkan dapat menjadi media bagi masyarakat untuk mengetahui masalah keuangan desa hingga pembangunan yang ada, sebagai bentuk transparansi pemerintah desa. Ia juga berharapan Dinas Komunikasi dan Informatika juga kata dia diharapkan bisa turut serta dalam hal ini, agar SID bisa dikembangkan lagi untuk desa-desa yang lain, tidak perlu keluar daerah untuk bisa mendapatkan ilmu sistem informasi desa, cukup di tiga desa ini.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *