Pemkab Gelar Pelatihan Budidaya Padi PTT dan Metode Hazton

Pemkab Gelar Pelatihan Budidaya Padi PTT dan Metode Hazton

ARAHAN : Bupati Bulungan H.Sudjati saat menyampaikan sambutannya pada acara pembukaan Pelatihan Budidaya Padi Pengelolaan Tanam Terpadu dan Metode Hazton secara virtual pada Rabu (7/10).

Bulungan, CitraBenuanta – Dalam Upaya meningkatkan sumber daya penyuluh dalam rangka pendampingan petani sehingga petani juga dapat bertambah kesejahteraannya melalui peningkatan produktifitas padi sawah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan menggelar pelatihan budidaya padi pengelolaan tanaman terpadu (PTT) dan metode Hazton.

Bupati Bulungan H.Sudjati membuka secara resmi kegiatan yang dilaksanakan secara virtual tersebut bagi para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) se-Kabupaten Bulunganb, bupati menghadirinya secara daring di ruang rapatnya, yang juga didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekkab), Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan pada, Rabu (7/10).

Pada kesempatan tersebut pula Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kaltara Yufrizal juga menyampaikan beberapa hal untuk diketahui bersama, demikian juga dengan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan (DPKP) Provinsi Kaltara Wahyuni Nuzban yang turut menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan pertanian di Kaltara khususnya di Bulungan.

Bupati Bulungan H.Sudjati dalam sambutannya mengatakan ia atas nama Pemkab Bulungan menyampaikan apresiasi terima kasih atas dilaksanakannya kegiatan tersebut, yang mana kata bupati sebagai bagian dari visi mewujudkan Bulungan  sebagai pusat pangan berbasis industri yang salah satu misinya adalah peningkatan sumber daya manusia.

“Kegiatan ini juga merupakan hasil kerjasama antara Pemkab Bulungan dengan BI dan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang untuk menyelenggarakan pelatihan bagi seluruh penyuluh pertanian di Bulungan,  dengan pelatihan budidaya padi pengelolaan tanaman terpadu (PTT) dan metode Hazton,” jelasnya. 

Bupati melanjutkan bahwa pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan sumber daya penyuluh, dalam rangka pendampingan petani sehingga petani juga dapat bertambah kesejahteraannya melalui peningkatan produktifitas padi sawah.

“Metode budidaya padi sistem hazton ini merupakan metode yang sangat produktif, yang dapat meningkatkan produksi padi sawah mencapai 10 ton per hektare gabah kering panen atau GKP,” bebernya.

Untuk itu bupati juga berharap agar semua peserta dapat  mengikuti pelatihan secara serius dan cermat, sehingga mampu menguasai metode tersebut, yang nantinya dapat diterapkan dalam pendampingan kepada petani di Kabupaten Bulungan sehingga dapat meningkat produksi dan pendapatannya.

“Pada kesempatan ini, saya menyampaikan terimakasih kepada semua narasumber yang  telah meluangkan waktunya, untuk menyampaikan materi yang sangat bermanfaat ini,” ucapnya. Selain itu lanjut bupati ia atas nama pemerintah daerah Kabupaten Bulungan, juga mengucapkan terima kasih, kepada direksi kantor perwakilan Bank Indonesia  Provinsi Kalimantan Utara, yang telah mengucurkan pembiayaan, sehingga kegiatan tersebut dapat dilaksanakan.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *