Pemkab Bulungan dan Unikaltar Jalin Kerjasama

Pemkab Bulungan dan Unikaltar Jalin Kerjasama

TANDATANGAN : Bupati Bulungan Syarwani dan Rektor Unikaltar Abdul Jabarsyah saat menandatangani MoU disaksikan Wakil Bupati Bulungan Ingkong AlA dan pihak Bappeda Litbang dan Unikaltar.

Bulungan, CitraBenuanta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan bersama dengan Universitas Kaltara (Unikaltar) jalin kerjasama. Bupati Bulungan Syarwani dan Rektor Unikaltar Abdul Jabarsyah lakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilaksanakan di ruang rapat bupati, Rabu (10/3/2021).

Didampingi Wabup Ingkong Ala, bupati menjelaskan pihaknya senantiasa berkomitmen untuk mendorong bagaimana semaksimal mungkin memberdayakan dan berkolaborasi dengan segenap potensi akademik yang ada di daerah Bumi Tenguyun—sebutan lain Bulungan.

“Unikal itu lahir dan dibina oleh Pemerintah Daerah dengan perjalanan yang dirintis dari awal bahkan sampai seperti saat ini,” ungkap bupati.

Dijelaskannya tidak sedikit pula, bahkan ribuan, Unikaltar telah melahirkan anak daerah yang telah di gembleng  sesuai dengan standar akademik dan tentu kata dia komitmen tersebut  bagian dari upaya Pemkab Bulungan bersama dengan Unikaltar untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) anak daerah yang ada di Bulungan.

“Bahkan mimpi kita kedepan dan semoga terwujud, tidak ada lagi anak daerah yang perlu kuliah ke luar daerah,” harap bupati.

Bupati melanjutkan, sebagaimana diketahui pula kompetisi sumber daya manusia saat ini sangat luar biasa dan terbuka untuk semua pihak untuk berkontribusi sekaligus bisa memainkan peran penting di daerah.

“Kami berpandangan, sangat disayangkan sekali keberdaan Unikaltar ini tidak kita maksimalkan, dalam bentuk kerjasama antara Pemda Bulungan dengan Unikaltar  sepanjang itu masih dalam cakupan atau kapasitas daripada universitas ini,” bebernya.

Untuk itulah kata bupati, MoU yang dilaksanakan tersebut merupakan tindakan dan satu penegasan sekaligus komitmen bersama antara Pemkab Bulungan dan Unikaltar, bahwa ingin membangun kerjasama dengan universitas yang ada di daerah ini yang dilahirkan Pemkab Bulungan.

“Tentu juga menjadi bagian yang tidak lepas dari tanggung jawab kita semua untuk membangun daerah ini termasuk memanfaatkan potensi akademik yang ada di Unikaltar,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan bupati, melalui kerjasama tersebut pihaknya ingin mendorong seluruh jajaran Pemkab Bulungan, sepanjang itu memang dalam kapasitas dan bisa dilakukan bersama-sama dengan Pemkab dan Unikaltar, tentu pihaknya ingin memberdayakan dan memanfaatkan potensi-potensi, kajian akademik dan lain sebagainya yang ada di Unikaltar.

“Itulah komitemen yang ingin kami sampaikan kepada rektor dan jajarannya,” ucap bupati.

Bupati melanjutkan, ketika universitas tersebut telah mampu berjalan, bergerak dan menghasilkan anak-anak daerah maka menjadi aneh bagi dirinya jika Pemkab Bulungan tidak menggunakan dan memanfaatkan potensi yang ada di Unikaltar.

“Bukan berarti kita alergi dengan kampus lainnya,” sebutnya.

Sebagai langkah awal dalam kerjasama tersebut kata bupati, pihaknya juga menegaskan bahwa penyusunan RPJMD Kabupaten Bulungan di tahun 2021-2024 akan dikerjasamakan dengan pihak Unikaltar.

“Itu project awal kita,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *