Susun RDTR Tanjung Selor, Pemkab Laksanakan Konsultasi Publik II

Susun RDTR Tanjung Selor, Pemkab Laksanakan Konsultasi Publik II

KONSULTASI : Jajaran Pemkab Bulungan saat melaksanakan Konsultasi Publik II Penyusunan RDTR Tanjung Selor yang dilaksanakan secara Daring bersama dengan UGM.

Bulungan, CitraBenuanta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) melaksanakan Konsultasi Publik II penyusunan rencana detil tata ruang (RDTR) Perkotaan Tanjung Selor yang bekerjasama dengan pihak UGM Fakultas Goegrafi secara daring di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan, Senin (19/4/2021).

Dijelaskan Kepala DPU-PR Bulungan Adriani, kegiatan tersebut merupakan kegiatan lanjutan dari Konsultasi Publik yang pertama, yang telah dilaksanakan sebelumnya dalam upaya menyerap aspirasi masyarakat.

“Adapun fokus pembahasan yaitu mengenai pengembangan Bandara Tanjung Harapan, Pelabuhan Pesawan, Terminal tipe C dan Kawasan Pertahan dan Keamanan,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Bulungan Syarwani mengatakan RDTR tersebut secara aturan adalah turunan dari RTRW, yang mana juga telah dilakukan revisi dan dikeluarkan dalam bentuk Perda Nomor 1 Tahun 2021.

“Tentu mengakomodasi Tanjung Selor di dalamnya,” sebutnya.

Apa yang telah di skemakan di dalam RTRW menjadi pedoman dalam menurunkannya menjadi RDTR.

Kemudian kata dia berkaiatan dengan bandara, tidak sepenuhnya menjadi kewenangan pihak Pemkab Bulungan, namun ada otorisasi, utamanya pada kementerian terkait pada proses maupun rencana pengembangan.

“Agar seluruh pihak sedikit bijak dalam masalah ini, jangan sampai mengorbankan yang lainnya. Yang kita butuhkan pada bandara ini adalah frekuensi penerbangannya,” tegasnya.

“Namun apabila penerbangan itu ada setiap hari, maka pengembangan juga akan menjadi efektif,” sambungnya.

Pengembangan bandara yang saat ini utamanya pembebasan lahan masyarakat, dalam hal ini Pemkab Bulungan hanya sebatas memfasilitasi, sesuai dengan kewenangan yang ada.

“Terkait pembebasan kawasan tersebut tentu menjadi kepentingan semua pihak, tidak hanya dari Pemkab Bulungan, namun juga dari Pemprov dan juga Kementerian Perhubungan,” jelasnya.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *