Desa Long Sam Gelar Syukuran Usai Panen Padi

Desa Long Sam Gelar Syukuran Usai Panen Padi

HASIL PANEN : Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang, Bupati Bulungan Syarwani dan Wabup Ingkong Ala saat menerima cinderamata berupa hasil panen masyarakat desa Long Sam sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas hasil panen yang ada.

Bulungan, CitraBenuanta  Sebagaimana tradisi yang ada, masyarakat Desa Long Sam Kecamatan Tanjung Palas Barat melaksanakan syukuran atas hasil panen padi yang telah dilaksanakan oleh para petani, kegiatan ini langsung dihadiri Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang, Bupati Bulugan Syarwani dan Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala serta beberapa jajaran terkait lainnya pada, Sabtu (1/5/2021).

Bertempat di Gedung BPU desa setempat kegiatan berlangsungdengan penerapan protokol kesehatan, setelah sebelumnya ada ritual adat yang dilakukan sebagai bentuk penyambutan kepada para tamu undangan, khususnya para pemimpin daerah ini yang telah mau berkunjung ke desa tersebut.

Dalam Sambutannya Kepala Desa Long Sam Muhammad Khaeron Habibi mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih yang tak terhingga kepada kepala daerah yang saat itu berkenan hadir memenuhi undangan pihaknya.

“Tentu ini adalah sebuah sejarah bagi desa kami,” ungkapnya.

Ia melanjutkan bahwa selama ini masyarakat Long Sam setiap tahunnya berladang (bertani), dimana hasilnya cukup mencukupi kebutuhan selama satu tahun, dijelaskannya pihaknya juga sangat ingin berkontribusi untuk mendukung program daerah untuk pengadaan pangan masyarakat Kaltara secara luas.

“Kami memiliki satu lahan yang sangat luas dan berpotensi untuk persawahan namun masih dalam bentuk hutan, ini kami harapkan kedepan agar dapat dipikirkan,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Bulungan Syarwani juga menyampaikan terima kasih kepada gubernur yang berkesempatan hadir pada kesempatan tersebut. Kegiatan tersebut kata dia merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh masyarakat sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen yang ada.

“Kegiatan ini merupakan salah satu tradisi yang wajib dan terus kita pertahankan, karena bagaimanapun juga kegiatan pertanian khususnya bercocok tanam padi merupakan suatu tradisi dan menjadi ciri khas masyarakat kita,” ungkapnnya.

Hal tersebut juga kata dia selaras dengan visi dan misi Kabupaten Bulungan yaitu mewujudkan Kabupaten Bulungan berdaulat pangan, maju dan sejahtera. Yang mana salah satu visinya berupaya meningkatkan ketahanan pangan masyarakat Bulungan dengan berbasis kearifan lokal.

“Potensi pengembangan pertanian di Bulungan sangat luar biasa, jika dibandingkan di Jawa,” sebutnya.

Bupati melanjutkan, apa yang telah disampaikan kades Long Sam sebelumnya yang juga mungkin ditujukan kepada Pemerintah Kabupaten Bulungan, tentu hal tersebut kata dia menjadi perhatian.

“Kita sejalan dan komunikasi yang harmonis dengan pemerintah provinsi Kaltara, akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” jelasnya.

Atas nama Pemkab Bulungan, ia sangat mengapresiasi kegiatan syukuran yang dilaksanakan tersebut yang tetap memperhatikan protokol kesehatan, sehingga bersama-sama berupaya untuk mengurangi penyebaran Covid-19.(MC Bulungan/sny)

Samsul Umardhany
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *