DPRD Bulungan Sampaikan Beberapa Rekomendasi atas LKPJ Bupati

DPRD Bulungan Sampaikan Beberapa Rekomendasi atas LKPJ Bupati

MENERIMA : Bupati Bulungan Syarwani saat menerima laporan rekomendasi DPRD Bulungan atas LKPJ tahun 2020.

Bulungan, CitraBenuanta – Beberapa waktu lalu Bupati Bulungan Syarwani telah menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Pemkab Bulungan tahun 2020 kepada DPRD Bulungan, atas itu kemudian Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Bulungan menyampaiakan beberapa rekomendasi, Senin (10/5/2021).

Bertempat di ruang sidang Datu Adil DPRD Bulungan turut hadir bupati Bulungan yang mendengarkan dengan seksama rekomendasi yang dibacakan oleh Wakil Ketua DPRD Bulungan Hamka.

Disampaikan Hamka, LKPJ kepala daerah merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap kepala daerah sebagaimana ditetapkan dalam pasal 69 ayat 1 UU 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

“Amanat undang tersebut secara tegas menyebutkan bahwa kepala daerah wajib menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah,” jelasnya.

Rekomendasi ini lanjut Hamka merupakan untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintah daerah kedepannya,  berdasarkan LKPJ yang disampaikan bupati, dewan membentuk pansus yang legalitasnya ditetapkan dalam forum rapat paripurna ke-20 masa persidangan I.

“Pansus yang telah dibentuk sebelumnya itu diberikan mandat untuk pendalaman materi serta pengkajian atas LPKJ  dan merumuskan keputusan dewan berupa rekomendasi dalam rangka perbaikan penyelenggaraan pemerintah daerah pada masa-masa yang akan datang,” ungkapnya.

Rekomendasi tersebut kata Hamka berupa saran, masukan dan taua koreksi terhadap kinerja pemerintah dalam satu tahun yang telah berjalan yang meliputi RPJMD sebagai landasan kerja kepala daerah, Keuangan daerah, penyelenggara urusan pemerintah daerah, tugas perbantuan, penyelenggaraan tugas umum dan pemerintahan.

“Pada prinsipnya dewan dapat menerima LKPJ dan memberikan rekomendasi berupa catatan, pendapat dan saran yang terlampir dalam laporan ini,” jelasnya

Sementara itu Bupati Bulungan Syarwani menyampaikan penghargaan kepada pansus LKPJ DPRD Bulungan yang telah menghasilkan rekomendasi yang sangat penting dan berguna bagi Pemkab Bulungan dalam rangka untuk meningkatkan kinerja pemerintahan maupun layanan kepada masyarakat.

“Saya sangat menghargai rekomendasi ini sebagai wujud kepedulian dan kesungguhan dari segenap anggota dewan terhadap kinerja pemerintahan, pembangunan kemasyarakat baik yang terkait dengan keberhasilan maupun kekurangan, oleh karenanya selanjutnya kami akan berupaya mengkaji dengan seksama poin demi poin, untuk selanjutnya ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme yang ada,” sebutnya.

Untuk itu ia meminta kepada seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkab Bulungan agar  mencermati secara seksama agar menjadikan rekomendasi tersebut sebagai bahan evaluasi dan perbaikan penyelenggara pemerintahan di masing-masing OPD.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *