Dishub Bulungan Luncurkan BLUe

Dishub Bulungan Luncurkan BLUe

SERAHKAN : Kepala Dishub Bulungan Hasan Pemma saat menyerahkan secara simbolis BLUe kepada Bupati Bulungan Syarwani saat peluncuran BLUe di Dishub Bulungan, Rabu (2/6/2021).

Bulungan, CitraBenuanta – Dinas Perhubungan (Dishub) Bulungan meluncurkan Bukti Lulus Uji Elektronik atau BLUe bagi uji kendaraan bermotor sekaligus pemberlakuannya di Bumi Tenguyun yang dibuka secara resmi oleh Bupati Bulungan Syarwani di Gedung Uji Dishub Bulungan Jalan Jelarai, Rabu (2/6/2021).

Dikatakan Kepala Dishub Bulungan Hasan Pemma adanya BLU-e tersebut merupakan instruksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap keselamatan lalu lintas dan sebagai pencegahan pemalsuan bukti lulus uji.

“BLU-e ini merupakan alih teknologi yang awalnya buku biasa yang ditandatangani secara manual dan beralih ke elektronik berbentuk kartu pintar/ Smart Card,
kemudian dipasang dikendaraan wajib uji sehingga dapat dideteksi melalui smartphone untuk memberikan kemudahan dalam penerbitan bukti lulus uji berkala agar cepat, efisien, terintegrasi, dan transparan,” ungkapnya.

BLUe tersebut lanjutnya terdiri dari smart card, sertifikat uji dan stiker scan QR, sehingganya petugas Dishub di lapangan dapat dengan mudah mengetahui pemilik kendaraan hanya dengan melakukan scan barcode pada kartu khusus tersebut.

Untuk itu ia juga berharap BLUe tersebut dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat dan ke depannya sistem ini bisa mewujudkan transportasi yang aman, lancar dan khususnya terhindar dari resiko kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh faktor kendaraan.

Sementara itu Bupati Bulungan Syarwani juga mengapresiasi terhadap langkah Kemenhub yang telah membuat program tersebut, tentu lanjut bupati sistem ini bertujuan untuk memberikan pelayanan uji kendaraan secara akurat melalui alat maupun sistem yang tidak bisa dimanipulasi kebenarannya.

“Yang kemudian hasilnya berbentuk BLUe bisa dapat dipantau secara online,” sebutnya.

Terlepas dari itu ia juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak Dishub Bulungan yang telah berupaya secara optimal sehingga launching tersebut dapat dilaksanakan dan akan diterapkan pada uji berkala kendaraan bermotor di Bulungan ini.

“BLUe ini wajib dipasang di kendaraan agar bisa dideteksi melalui smartphone. Kita patut berbangga terhadap transformasi dan inovasi ini,” ucapnya.

Sebab kata dia uji berkala kendaraan bermotor di Dishub Bulungan tidak lagi menggunakan sistem konvensional, namun telah beralih kepada sistem elektronik yang sudah terintegrasi dengan Kemenhub.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *