Pemkab Bulungan dan Kanwil DJPB Kaltara Teken MoU

Pemkab Bulungan dan Kanwil DJPB Kaltara Teken MoU

MOU : Bupati Bulungan Syarwani dan Kepala Kanwil DJPB Kaltara Indra Soeparjanto saat menunjukan dokumen nota kesepakatan yang telah ditandatangani bersama.

Bulungan, CitraBenuanta – Bertempat di ruang rapat Bupati, Pemkab Bulungan dan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPB) Provinsi Kalimantan Utara melaksanakan penandatangan nota kesepakatan atau MoU terkait kerja sama dalam rangka upaya peningkatan sinergitas untuk pembangunan di Kabupaten Bulungan, Kamis (17/6/2021).

Nota kesepakatan tersebut ditandatangani secara langsung oleh pimpinan kedua institusi/lembaga yaitu Bupati Bulungan Syarwani dengan Kepala Kanwil DJPB Provinsi Kalimantan Utara Indra Soeparjanto serta disaksikan beberapa pejabat eselon II dan III dari kedua institusi/lembaga tersebut.

Bupati menyebutkan dalam naskah nota kesepakatan tersebut, Kanwil DJPB Provinsi Kalimantan Utara bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Bulungan menetapkan langkah-langkah penguatan sinergitas untuk pembangunan di Kabupaten Bulungan melalui kerjasama untuk meningkatkan pengelolaan fiskal di Kabupaten Bulungan.

“Melalui upaya-upaya untuk melakukan perbaikan tata kelola fiskal tersebut, diharapkan akan berdampak secara langsung terhadap pencapaian target-target pembangunan di Kabupaten Bulungan, mengingat instrumen fiskal di daerah baik APBN maupun APBD memiliki fungsi yang strategis dalam pelaksanaan pembangunan di daerah,” ungkapnya.

Adapun bidang pelaksanaan tugas yang menjadi substansi untuk disinergikan pengelolaannya antara Kanwil DJPB Provinsi Kalimantan Utara dengan pemerintah Kabupaten Bulungan dalam nota kesepakatan tersebut seperti pembinaan badan layanan umum daerah (BLUD) milik Pemerintah Kabupaten Bulungan, Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (umkm) lingkup Kabupaten Bulungan, Pembinaan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) serta pengelolaan data dan informasi yang ada pada Kanwil DJPB dan Pemerintah Kabupaten Bulungan dalam kerangka pengelolaan keuangan pusat dan daerah.

“Sinergi ini untuk meningkatkan kualitas output dan outcome atas pelaksanaan bidang-bidang tugas dimaksud, diwujudkan dalam bentuk asistensi, focus group discussion, sharing knowledge, monitoring dan evaluasi, serta pertukaran dan informasi fiskal,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Kanwil DJPB Provinsi Kalimantan Utara Indra Soeparjanto mengatakan penguatan sinergi pengelolaan fiskal di daerah melalui nota kesepakatan ini, merupakan inisiasi Kanwil DJPB Kaltara sebagai implementasi pelaksanaan tugas dan fungsi selaku representasi kementerian keuangan dan sebagai regional chief economist di daerah.

Dengan meningkatkan peran tersebut, keberadaan Kanwil Ditjen Perbendaharaan di daerah diharapkan akan mampu menjadi mitra pemerintah daerah dalam mengoptimalkan seluruh instrumen fiskal dan menggali potensi-potensi ekonomi di daerah.

“Sebagaimana rencana kerja Kanwil DJPB Kaltara tahun 2021, penguatan sinergi pengelolaan fiskal di daerah melalui nota kesepakatan akan dilaksanakan dengan seluruh pemerintah daerah lingkup Provinsi Kalimantan Utara,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *