Wabup Sampaikan KUA-PPAS APBD Perubahan

Wabup Sampaikan KUA-PPAS APBD Perubahan

“Keadaan darurat dalam penanganan pandemi Covid-19 ini menjadi salah satu dinamika yang sangat berpengaruh dan melatarbelakangi perubahan APBD Tahun Anggaran 2022,”

Bulungan, CitraBenuanta – Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala sampaikan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja  Daerah (APBD) Perubahan melalui Rapat Paripurna Ke-1 Masa Persidangan III Tahun 2021 di Ruang Sidang Datu Adil DPRD Bulungan, Senin (6/9/2021).

Dalam sambutannya Wabup Ingkong Ala menyampaikan bahwa perubahan KUA dan PPAS APBD Kabupaten Bulungan Tahun anggaran 2021 ini adalah salah satu tahapan dalam penyusunan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Dilanjutkannya dalam penyusunan perubahan ini, pemerintah daerah telah mempertimbangkan kebijakan dari pemerintahan pusat ataupun pemerintah provinsi sebagai dampak dari perkembangan penyebaran Covid-19.

“Di mana dampak dari Covid-19 mengakibatkan terjadinya penurunan pertumbuhan perekonomian, baik dalam skala makro maupun mikro,” ungkapnya.

Kemudian disampaikan wabup sejumlah kebijakan dan langkah-langkah antisipatif telah dilakukan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

“Sehingga perlu dilakukan perubahan penjabaran APBD Tahun Anggaran 2021 pada Semester satu,” sebutnya.

Lebih jauh disampaikannya sebagaimana diketahui bersama, meningkatnya penyebaran pandemi Covid-19 menyebabkan hal yang bersifat darurat dan luar biasa di semua bidang, termasuk dalam bidang perekonomian dan keuangan daerah.

“Keadaan darurat dalam penanganan pandemi Covid-19 ini menjadi salah satu dinamika yang sangat berpengaruh dan melatarbelakangi perubahan APBD Tahun anggaran 2021,” jelasnya.

Selain itu kata wabup perubahan kebijakan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun pemerintah Kabupaten Bulungan serta perubahan kebijakan penganggaran lainnya, maka perlu dilakukan penyesuaian atas KUA-PPAS Tahun Anggaran 2021.

“Yang diharapkan dapat mewujudkan pembangunan daerah yang ingin dicapai secara merata bagi kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Selanjutnya wabup menyerahkan materi rancangan perubahan KUA dan PPAS Kabupaten Bulungan Tahun Anggaran 2021 kepada pihak DPRD Bulungan, disertai harapan untuk segera dapat dibahas dan mendapat persetujuan yang dituangkan ke dalam nota kesepakatan.

“Kami dari pemerintah daerah kabupaten bulungan, juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya atas dilaksanakannya rapat paripurna pada hari ini,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *