Pemkab Gelar SKN Pencegahan Stunting

Pemkab Gelar SKN Pencegahan Stunting

SERAHKAN : Sekda Bulungan Syafril saat menyerahkan cinderamata kepada pihak UNHAS yang melakukan pendampingan kepada Bulungan dalam upaya pencegahan stunting.

Bulungan, CitraBenuanta – Pemkab Bulungan melalui Bappeda dan Litbang melakukan Penyusunan regulasi penguatan Sistem Kesehatan Nasional (SKN) pencegahan stunting di Kabupaten Bulungan Tahun 2021, Senin (4/10/2021).

Sekretaris Daerah Syafril.menghadiri kegiatan tersebut mewakili Bupati Bulungan Syarwani dan dihadiri OPD terkait.

Kegiatan ini berkerjasama dengan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI yang mana Fakultas Kesehatan Masyarakat UNHAS menjadi pendamping bagi Bulungan.

Sekda dalam sambutannya mengatakan bahwa
Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak lebih pendek untuk usianya.

“Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal kehidupan setelah lahir, tetapi baru nampak setelah anak berusia 2 tahun,” ungkapnya.

Kemudian faktor penyebab stunting ini berdasarkan arahan menteri kesehatan di tahun 2018 pada gerakan pencegahan stunting menyebutkan, 40 persen karena lingkungan antara lain masalah sanitasi dan air bersih, 30 persen karena faktor perilaku, 20 persen karena faktor pelayana kesehatan dan 10 persen karena faktor genetika atau keturunan.

“Maka kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini sangat penting, sebagai upaya melibatkan seluruh unsur di daerah baik pemerintah maupun masyarakat, untuk bersama-sama mengantisipasi kasus stunting di daerah kita,” sebutnya.

Adapun caranya lanjutnya, antara lain dengan memperbaiki 3 komponen pencegahan stunting dari sisi perilaku yaitu memperbaiki pola asus, pola makan dan pola hidup bersih.

“Saya yakin dan percaya, melalui kegiatan ini, kita juga dapat merumuskan regulasi maupun cara yang efektif dan efisien dalam pencegahan kasus stunting yang mungkin terjadi di daerah kita,” imbuhnya.

Untuk itu, ia berpesan, agar kegiatan tersebut dapat diikuti dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memberikan hasil yang positif serta berdampak pada peningkatan kesehatan masyarakat kita di Kabupaten Bulungan.(MC Bulungan/sny)

Citra Benuanta
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos