Pemkab Gelar Lomba Cipta Menu B2SA dan Produk Pangan Lokal

Pemkab Gelar Lomba Cipta Menu B2SA dan Produk Pangan Lokal

MENINJAU : Wakil Bupati Ingkong Ala dan Sekda Syafril serta OPD terkait saat meninjau hasil olahan yang ditampilkan, didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sa’diah Yunus.

Bulungan, CitraBenuanta – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Tanjung Selor yang Ke-231 dan Bulungan Ke-31 serta Hari Pangan Sedunia Ke-41, Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui Dinas Ketahanan Pangan berkerjasama dengan Tim Penggerak PKK Bulungan mengelar lomba cipta menu beragama, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dan lomba produk pangan lokal, di Pendopo Rumjab Bupati, Senin (11/10/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh anggota PKK yang mewakili kecamatan se Bulungan, kecuali Peso Hilir, Bunyu dan Tanjung Palas Timur, juga diikuti organisasi wanita dan UMKM se-Bulungan berjumlah 25 perserta dengan metode lomba live cooking.


Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala didampingi Sekda Syafril menghadiri kegiatan tersebut, wabup juga membuka secara resmi kegiatan tersebut. Hadir juga beberapa OPD terkait.
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sa’diah Yunus mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan setiap tahunnya yang terselengara atas kerjasama dengan tim penggerak PKK.


“Kegiatan ini bertujuan adalah untuk meningkatkan kesadaran dalam peran dan tingkat partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pola konsumsi yang beragam, bergizi, seimbang dan aman serta mendorong masyarakat dalam menciptakan dan mengembangkan produk pangan berbasis sumber daya lokal non beras dan non terigu,” ungkapnya.

Lebih jauh dikatakannya metode penjurian dilakukan live streaming Instagram dan facebook Dinas Ketahanan Pangan dengan melibatkan juri dari TP PKK, Ahli Gizi dan GM Hotel Luminor.

“Pengumuman pemenang akan dilakukan pada hari Selasa 12 Oktober 2021 di Halaman Kantor Bupati Bulungan,” pungkasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala menyampaikan kiranya kegiatan tersebut dapat memantapkan kemandirian pangan lokal dan pelestarian sumber daya alam, dengan memanfaatkan hasil potensi alam daerah.

“Misalnya sagu, jagung, singkong, ubi jalar, pisang, sukun dan lain-lain yang tersebar di seluruh kecamatan, dengan proses pengolahan menjadi bahan pangan fungsional yang mengandung berbagai nutrisi dan mampu meningkatkan kualitas konsumsi pangan dan dapat membantu penambahan pendapatan rumah tangga,” ujarnya.

Untuk memotivasi masyarakat agar mau mengkonsumsi makanan sesuai pola pangan harapan atau PPH, maka secara khusus wabup juga berpesan kepada TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa, serta organisasi-organisasi wanita yang ada, untuk dapat memasyarakatkan betapa pentingnya konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang, dan aman.

“Yang mengutamakan sumber daya pangan lokal kepada seluruh masyarakat, khususnya ibu-ibu rumah tangga. pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi yang potensinya cukup besar perlu terus digalakkan dan dioptimalkan,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)

Samsul Umardhany
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos