Dirjen PPKTrans Buka Pelatihan Bagi Warga Transmigrasi SP 10

  • Bagikan

Bulungan, CitraBenuanta – Dalam Kunjungan Kerja yang dilakukannya di Kabupaten Bulungan, Direktur Jenderal PPKTrans Kemendes PDTT Aisyah Gamawati membuka secara resmi Pelatihan Kewirausahaan Keripik Ikan Bagi 50 Kepala Keluarga asal Provinsi Jawa Timur di Satuan Pemukiman (SP) 10 Desa Tanjung Buka, Kecamatan Tanjung Palas Tengah pada, Rabu (28/10/2021).

Aisyah Gamawati menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut dalam upaya pemerintah dalam melakukan pembinaan terhadap warga transmigrasi untuk meningkatkan kapasitas warga setempat dalam menemukan dan mengenali potensi yang ada.

“Yang bertujuan untuk meningkatkan dan mensejahterakan warga transmigrasi seperti di SP 10 ini,” ungkapnya dalam acara yang digelar oleh Disnakertrans Provinsi Jawa Timur Tersebut.

Dilanjutkannya pemerintah hanya memberikan stimulan, keberhasilan bergantung pada warga transmigrasi tersebut. Ia juga merasa bangga setelah melihat hasil produksi warga setempat, bahkan dirinya tidak menyangka sudah banyak produk yang dihasilkan utamanya dalam bidang pangan.

“Sekarang bagaimana pemasarannya, itu juga yang kami harapkan kepada Pemerintah Kabupaten Bulungan agar kita bantu pemasarannya,” imbuhnya.

Ia menyebutkan bahwa penyelenggaran transmigrasi telah terbukti mendorong pusat-pusat produksi baru yang kemudian tumbuh menjadi pusat-pusat pertumbuhan baru, juga berhasil mendukung terbentuknya pemerintahan baru.

“Berdasarkan data, ada 1529 desa definitif atau SP Transmigrasi, kemudian ada 459 kecamatan, selanjutnya ada 114 kabupaten dan bahkan ada 2 ibukota provinsi, salah satunya Tanjung Selor, Provinsi Kaltara yang terbentuk dari UPT Satuan Pemukiman,” sebutnya.

Keberhasilan tersebut lanjutnya harus dapat memotivasi warga transmigrasi juga menumbuhkan semangat untuk terus maju dan berkembang. Kinerja yang baik kata dia akan membuat SP yang ada di Bulungan dapat berhasil.

“Itu tidak mustahil terjadi apabila kita berkerja dengan baik,” jelasnya.

Ia juga menyebutkan berkaitan dengan sarana dan prasarana, baik yang telah disampaikan oleh bupati, seperti untuk konektivitas antar SP juga menjadi perhatian pihaknya.

“Tentu dengan dukungan pihak DPR RI yang juga turut hadir bersama dengan saya hari ini, kami akan berkoordinasi dengan pihak tersebut untuk mewujudkan apa yang menjadi harapan kita bersama,” jelasnya.(MC Bulungan/sny)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.