MTQ Bunyu, 435 Kafilah Turut Berpartisipasi

  • Bagikan

Bulungan, CitraBenuanta – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten bulungan yang ke-46 digelar di Kecamatan Bunyu, dimana ada sebanyak 435 orang kafilah turut berpartisipasi pada ajang tahunan tersebut. Bupati Bulungan Syarwani didampingi Wakil Bupati Ingkong Ala membuka secara resmi kegiatan tersebut pada, Selasa (9/11/2021).

Dikatakan Camat Bunyu Nurdin yang juga Ketua Panitia Pelaksana MTQ tersebut menjelaskan ada sebanyak 435 orang kafilah mengikuti kegiatan tersebut, dengan peserta datang dari 10 kecamatan yang ada di Bulungan.

“Semua kecamatan mengikuti. Kegiatan akan dilaksanakan hingga tanggal 12 November 2021,” jelasnya.

Dia juga menyebutkan dalam MTQ tersebut protokol kesehatan menjadi hal utama yang turut menjadi perhatian untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Kegiatan juga dikebut pelaksanaannya.

“Ada 5 Arena. Dimana arena utama yaitu di lapangan Masjid Jami Al-Kautsar Pangkalan Bunyu Barat,” tutupnya.

Sementara itu Bupati Bulungan Syarwani mengatakan selain akan memiliki kesempatan untuk mengharumkan nama daerah Kabupaten Bulungan di MTQ tingkat provinsi maupun tingkat nasional, para peserta juga dapat meningkatkan kemampuan serta pengalaman sebagai bekal untuk lebih menekuni nilai-nilai dan hikmah yang terkandung dalam Al Qur’an.

“Pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten ini memiliki makna yang lebih dari sebatas perlombaan untuk mencari para juara terbaik,” sebutnya.

Dilanjutkannya dengan meningkatkan kemampuan menekuni Al Qur’an, para peserta juga akan berkesempatan mengembangkan kemampuan dengan mengajarkan kepada lingkungan terdekat.

“Semakin banyak yang memiliki kemampuan mengajarkan Al Qur’an, semoga daerah kita akan menjadi daerah yang umat muslimnya bebas dari buta aksara Al Quran,” imbuhnya.

Dilanjutkan, sebagaimana hadits riwayat Al-Bukhari dari Utsman bin Affan menyebutkan, sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya. Dalam hadits tersebut disebutkan pula Nabi SAW bersabda, sesungguhnya orang yang paling utama di antara kalian adalah yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya.

Bupati pun berpesan agar segenap peserta MTQ memanfaatkan ajang ini untuk menambah ilmu, pengalaman, amal, ibadah, pahala dan berkah. Pembukaan MTQ dirangkai dengan pelantikan Dewan Hakim serta penyerahan piala bergilir MTQ kabupaten yang diterima Camat Bunyu, Nurdin selaku ketua panitia untuk diperebutkannya kembali.(MC Bulungan/sny)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.