8 Ton Cabe Darmais di Seriang Dipanen

  • Bagikan

Bulungan, CitraBenuanta – Sekitar 8 ton cabe besar varietas darmais yang ditanam oleh pihak Penggiat Agro Tani (PAT) Mandiri Kaltara di kawasan Gunung Seriang, Tanjung Selor akhirnya dipanen. Bupati Bulungan Syarwani berserta Wakil Bupati Ingkong Ala turut serta didalamnya yang dilaksanakan, Sabtu (8/1/2022).

Hadir pula Kepala Dinas Pertanian Bulungan A.Yani dan Kepala Diskominfo dan Persandian (DKIP) Bulungan Andriana serta beberapa pihaknya lainnya pada lokasi yang dikelola PAT Mandiri Kaltara tersebut.

Ketua PAT Mandiri Kaltara, Irwan Mattepuang mengatakan dari 14 hektare lahan yang ada, saat ini sekitar 3 hektare lahan yang diolah, dimana 2 hektare diantaranya ada sekitar 8 ribu pohon cabe besar yang ditanam pihaknya.

“Yang hari ini akan dipanen bersama-sama dengan bapak bupati dan wakil,” ungkapnya.

Irwan mengestimasikan dalam 1 pohon cabe dapat menghasilkan sekira satu kilogram  cabe besar, dengan demikian estimasi cabe yang akan dipanen ada sebanyak 8 ton, siap untuk dipasarkan di wilayah Kaltara, khususnya di Bulungan.

Disebutkannya, berangkat dari permasalah ‘lahan tidur’ yang banyak tak terkelola khususnya di Bulungan kata dia, pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah untuk bersama-sama melakukan pengembangan di sektor pertanian. Kedepan pihaknya juga akan mengagas pertanian modern.

“Sehingga dari bertani secara kolonial akan menjadi bertani secara modern,” jelasnya.

Selain itu ia juga mengajak kepada generasi milenial untuk mengembangkan potensi pertanian yang ada di Kaltara, khususnya di Bulungan, sebab kata dia sektor pertanian memiliki prospek yang bagus untuk kedepannya.

“Anak muda harus terlibat dan tidak gengsi menjadi petani, karena sektor pertanian sangat menjanjikan,” jelasnya.

Sementara itu kepala Dinas Pertanian Bulungan A.Yani juga sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan pihak PAT Mandiri Kaltara, apa yang telah dikembangkan sudah cukup baik, untuk itu kata dia pihaknya akan terus memberikan dukungan.

“Kita akan bantu dalam hal bibit-bibit yang lain, seperti hal nya kol, jagung dan lainnya akan kita coba disini,”

Bantuan tersebut kata dia akan diberikan satu paket, seperti halnya kol yang juga membutuhkan paranet, maka juga akan diberikan paranet dan lainnya untuk mendukung sektor pertanian yang ada. Untuk itu ia memberikan masukan agar PAT terus bersemangat dalam memajukan pertanian di Bulungan.

“Generasi muda harus tetap bersemangat,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Bulungan Syarwani menyebutkan ini adalah wujud nyata dari semangat yang ditampilkan generasi muda di Bulungan dalam rangka bersama-sama mewujudkan Kabupaten Bulungan yang berdaulat pangan, maju dan sejahtera.

“Salah satunya kita terus mendorong kegiatan-kegiatan pertanian di Bulungan,” jelasnya.

Pihaknya, kata bupati menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi apa yang telah di lakukan PAT Mandiri, khususny di daerah Bulungan. Ia berharap apa yang telah dilakukan tersebut dapat menginsipirasi generasi muda di Bulungan dalam hal memajukan sektor pertanian.

“Khusus bagi generasi muda, mari kita kembangkan lahan potensial yang ada, yang ada hari ini adalah bukti nyata,” sebut bupati.

Semoga kata dia, apa yang telah dilaksanakan tersebut, jejak yang ada dapat diikuti generasi muda, serta menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat Bulungan dalam upaya mengembangkan potensi yang ada. Sebab kata dia pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dalam membangun kawasan pertanian, butuh kerjasama seluruh pihak termasuk generasi muda dalam mewujudkan pembanguan sektor pertanian yang ada.(MC Bulungan/sny) 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.