Perkebunan Kelapa Akan Dibuka di Sekatak

  • Bagikan
RAPAT : Presentasi yang dilakukan DPMPTSP Bulungan berkaitan dengan kebun kelapa di kecamatan Sekatak.(Suryadi/DPMPTSP)

Bulungan, CitraBenuanta – Perkebunan Kelapa akan dibuka di Kecamatan Sekatak, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Hal tersebut diketahui setelah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bulungan melakukan presentasi rencana permohonan perizinan kegiatan usaha skala besar oleh Perusahaan PT.Krist Inti Perkasa belum lama ini.

Bertempat di ruang rapat lantai 2 DPMPTSP Kabupaten Bulungan, presentasi dipimpin langsung Kabid Perizinan DPMPTSP Bulungan Roni Silitonga. Dikatakannya perusahaan tersebut menargetkan perkebunan kelapa yang akan dibuka dalam waktu 3 tahun sudah menghasilkan.

“Areanya minimal 20 Hektare. Perusahaan juga memberikan peluang kepada masyarakat untuk ikut serta dalam plasma, mengenai lahan yang ingin diikutsertakan harus clean and clean agar dalam pembangunan perkebunan kelapa cepat berjalan,” jelasnya.

Dilanjutkannya ada beberapa jenis tanaman kelapa yang akan ditanam, mulai dari kelapa musiman dan kelapa inti. Perusahaan memandang kelapa memiliki kekuatan sebagai komoditi perdagangan karena komoditi ini sudah lama dikenal.

“Peluang perkebunan kelapa juga dapat dikembangkan menjadi produk-produk olahan baru baik dari isi buahnya maupun kulitnya, seperti santan awet, arang, minuman air kelapa, nata de coco, hingga kerajinan tangan,” jelasnya.

Kedepan kata dia sosialisasi kepada masyarakat juga harus dilakukan, utamanya dalam hal plasma mulai dari awal pembibitan sampai tahap akhir panen. Terkait dengan adanya tanah masyarakat memang harus benar-benar clear and clean agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sehingga masyarakat benar-benar mengerti dan paham agar kedepannya bisa menjadi bagian dari plasma yang mau dibangun,” pungkasnya.

Untuk diketahui presentasi tersebut juga diikuti oleh Sekretaris DMPTSP Bulungan Chas Darmawan, Camat Kecamatan Sekatak Ahmad Safri. Adapula Kabid Tata Ruang DPU-PR Bulungan Achmadsyah Amrah, Distransnaker M. Zainal, Pengawas Bibit Tanaman Pertanian Muhammad Firdaus, beserta pegawai ASN bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan & Non Perizinan.(MC Bulungan/DPMPTSP/sny)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.