Pasar Induk Sengkawit Dibenahi Tahun Ini

  • Bagikan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan akan membenahi Pasar Induk Jl Sengkawit tahun ini agar tidak kumuh.  Pembenahan dialokasikan melalui perubahan APBD 2022 sedangkan untuk perencanaan grand desain pasar sedang dilaksanakan awal tahun ini. Wakil Bupati (Wabup) Bulungan, Ingkong Ala, SE, M.Si menyampaikan hal tersebut menjawab pandangan umum dewan lewat fraksi dalam rapat paripurna di DPRD Bulungan pada Rabu (2/2).

“Pemkab membuat grand desain kembali untuk menata Pasar Induk agar menjadi pasar yang lebih representatif bagi masyarakat Kabupaten Bulungan dalam melakukan kegiatan ekonomi,” ucap Wabup. Diuraikan, beberapa kegiatan yang akan dilakukan antara lain revitalisasi pasar ikan lama yang bertujuan menata pedagang-pedagang yang ada di lorong-lorong serta ditampung sesuai kriteria jenis dagangan. Lalu pemanfaatan bangunan kuliner yang sudah ada dengan menimbun dan memasang paving block untuk tanah yang masih kosong di kiri kanan bangunan kuliner.

“Sehingga pedagang kuliner yang ada di dalam pasar akan dipindahkan ke tempat tersebut termasuk kuliner yang berada di pintu masuk Pasar Induk,” ujarnya. Dilanjutkan, pembenahan lainnya yaitu pengecatan ruko-ruko maupun bangunan-bangunan pasar., perbaikan tiang-tiang lampu yang sudah rusak, serta relokasi para pedagang yang saat ini belum memiliki tempat untuk berjualan yang dinilai mengganggu kenyamanan aktifitas ekonomi di Pasar Induk.

Wabup juga menjelaskan, anggaran Pemkab cukup terbatas sehingga pembangunan pasar memanfaatkan lokasi yang sudah ada.

“Terima kasih atas masukan dari dewan, mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi kami Pemerintah Daerah untuk menata pasar menjadi lebih baik,” tandas Wabup.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.