Tahun 2021, 7.659 Orang KPM Terima BLT-DD

  • Bagikan
LAPORAN : Kepala DPMD Bulungan Mahmuddin saat menyampaikan laporan dalam kegiatan Rakor Pemdes, Senin (07/02/2022).

Bulungan, CitraBenuanta – Melalui Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintah Desa (Pemdes) yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bulungan di ruang serbaguna lantai II Kantor Bupati Bulungan disampaikan sejumlah realisasi kegiatan tahun 2021 di dinas ini pada, Senin (07/02/2022).

Dikatakan Kepala DPMD Bulungan, Mahmuddin sejatinya rakor tersebut setiap tahun dilaksanakan sebagai upaya evaluasi. Untuk 2021 juga kata dia telah dilaksanakan rakor, pada bidang pemerintahan desa, pemberdayaan masyarakat desa dan pengembangan masyarakat desa juga telah dilakukan evaluasi.

“Jadi ini setiap tahun dilaksanakan,” ungkapnya.

Pada tahun 2021, ia menyebutkkan beberapa kegiatan telah dilaksanakan pula, seperti penyelesaian batas desa melalui tim batas desa yang mana terealisasi sebanyak 7 desa yang telah selesai.

“Kemudian pengelolaan keuangan desa melalui aplikasi SISKEUDES juga sudah terealisasi semuanya atau sebanyak 74 desa,”  sebutnya.

Selain itu penginputan aset desa melalui aplikasi SIPADES juga turut dilakukan pihaknya yang mana telah terealisasi sebanyak 56 desa yang ada di Bulungan dan tersebar di beberapa kecamatan yang ada.

“Kemudian pelaksanaan PPKM Covid 19 telah dilaksanakan diseluruh desa dengan melibatkan 2.361 orang, sementara itu BLT dana-desa dengan sasaran keluarga penerima manfaat 7.659 orang juga telah dilaksanakan,” ungkapnya.

Kemudian kata dia berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat dan kelembagaan, sosialisasi BUMDes dilakukan pihaknya yang mana dilaksanakan di 10 kecamatan dan 54 bumdes sementara pelatihan kepengurusan BUMDes dilaksanakan di dua desa.

“Kemudian pendampingan pos pelayanan RPJMDes, khususnya kepala desa hasil pemilihan tahun 2020 sebanyak 56 desa, kemudian pendataan sarana dan prasaranan desa telah dilaksanakan di 18 desa,” bebernya.

Adapun rakor kali ini kata dia membahas beberapa hal seperti penyelarasan batas administrasi desa, penataan atau pemekaran desa, musyawarah pembentukan BPD, penguatan BUMDes, pendampingan penyusunan RKPDes, pengelolaan keuangan dan aset desa, pendataan sarana dan prasarana desa, pendampingan penginputan profil desa hingga proses penyusunan administrasi desa.

Kegiatan tersebut kata dia bertujuan antara lain membina aparatur Pemdes dalam tata kelola Pemdes, mengawasi penyelenggaran Pemdes dalam penggunaan APBDes, mengoptimalkan APBDes dalam peningkatan PAD desa, pembinaan  dan pengawasan penyusunan laporan kepala desa serta pembinaan Lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga adat desa.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kepengetahuan kepala desa dalam menjalankan tugas dan fungsi sesuai susunan organisasi tata kerja Pemdes, membangun sinergi dan keselarasan antara komponen Pemda dan Pemdes dalam pelaksanaan, pengendalian, pembinaan kepada masyarakat dan pemberdayaan masyarakat desa, percepatan penyusunan APBDes tahun 2022 dengan metaati pertaturan perundangan-undangan yang berlaku,” paparnya.

Selain itu kata dia momentum rakor ini juga dapat menjadi sarana sinkronisasi program, khususnya dalam menudukung program-program Kabupaten Bulungan di desa dengan adanyan prioritas daerah maupun kegiatan yang menjadi support system penyelenggaraan pembangunan daerah yang sejalan dengan pembangunan di desa.

“Guna mewujudkan pembangunan desa yang berkualitas khususnya yang berwawasan lingkungan serta berbasis pada pembangunan karakter sdm yang unggul,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.