Bunyu Gelar Musrenbang Kecamatan

  • Bagikan

Bupati Bulungan melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Errin Wiranda, SE membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Bunyu pada Kamis (10/2). Kegiatan serupa sehari sebelumnya juga berlangsung di Kecamatan Sekatak dan Kecamatan Tanjung Palas Utara.

Dijelaskan, kegiatan musrenbang dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2023 khususnya di wilayah kecamatan serta amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan peraturan pelaksanaannya.

“Musrenbang ini merupakan proses penyusunan berbagai program dan kegiatan sebagai titik awal penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan khususnya di wilayah kecamatan,” ucap Errin. Dijelaskan, musrenbang menjadi media interaktif bagi segenap stakeholders untuk menetapkan program dan kegiatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program kegiatan tahun anggaran berikutnya.

Disebutkan, perencanaan pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel menjadi tolak ukur akuntabilitas, profesionalisme dan bobot pelayan publik dewasa ini.

“Sebab, perencanaan pembangunan yang tidak transparan dan akuntabel akan menimbulkan pencitraan yang “negatif” terhadap kualitas pelayanan aparatur pemerintah. Di sinilah hakekat dan arti penting dari musrenbang.,” tandasnya. Seluruh peserta tingkat kecamatan diminta menjadikan pelaksanaan Musrenbang  sebagai forum tertinggi dalam proses penjaringan aspirasi dan kebutuhan masyarakat akan pembangunan di wilayah kecamatan. kemudian Diskusi Musrenbang juga diarahkan untuk mengerucutkan berbagai usulan menjadi usulan prioritas sesuai kemampuan keuangan daerah.

“Dalam kesempatan yang baik ini, saya juga menghimbau agar perwakilan CSR perusahaan, yang kiranya hari ini turut diundang mengikuti musrenbang, agar dapat membantu pemenuhan kebutuhan pembangunan dari masyarakat kecamatan yang belum terakomodir dalam APBD Kabupaten Bulungan,” pesannya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.