5 Bulan Lagi Tahapan Pemilu Dimulai

  • Bagikan

Tanjung Selor – Sekitar 5 bulan lagi tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2024 akan dimulai, antara lain tahapan bimbingan teknis pada pertengahan Juni 2022, berlanjut awal Agustus 2022 dengan tahapan pendaftaran parpol. Sedangkan pemungutan suara ditetapkan pada 14 Februari 2024. Hal itu disampaikan dalam peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak 2024 pada Senin malam (14/2) di Ruang Rapat Kantor KPU Bulungan.

Ketua KPU Bulungan, Lili Suryani, SE., MM menjelaskan peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak 2024 disosialisasikan serentak bersama KPU pusat dan pemerintahan daerah di seluruh Indonesia. Seperti diketahui, KPU pusat resmi menerbitkan surat keputusan tentang hari dan tanggal pemungutan suara Pemilu Serentak Tahun 2024.

Surat Keputusan dengan nomor 21 Tahun 2022 itu ditandatangani Ketua KPU Ilham Saputra, pada Senin 31 januari 2022. Dalam surat tersebut KPU menetapkan tanggal pemungutan suara Pemilu 2024 diselenggarakan pada Rabu, 14 Februari 2024. Hal ini sesuai dengan keputusan rapat kerja yang sebelumnya digelar DPR, pemerintah, KPU, dan Bawaslu.

“Pemungutan suara Pemilu 2024 dilaksanakan untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota,” terangnya. KPU Kabupaten Bulungan juga mulai melaksanakan tahapan Pemilu seperti mensosialisasikan Hari Pemungutan Suara.

Sementara, Bupati Bulungan melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H Jamaluddin Saleh, S.Pd berpesan kepada segenap unsur penyelenggara dan peserta Pemilu, agar menyiapkan diri dari sekarang. Baik secara administrasi, logistik, personel maupun persiapan lainnya.

Seperti diketahui pula dalam waktu beberapa bulan ke depan umat Muslim juga akan menjalani ibadah di bulan Ramadhan serta menyambut hari raya Idul Fitri.

“Untuk itu saya berharap, segala program dan kegiatan dapat direncanakan serta disusun dengan baik sehingga seluruh tahapan Pemilu dapat dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan,” ucapnya. Ditambahkan,  kesuksesan penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah serentak  ditentukan oleh seberapa banyak mayarakat pemilih memberikan suara nantinya. Namun hal yang tidak kalah pentingnya yaitu persatuan dan kebersamaan harus dapat terus dipelihara di Kabupaten Bulungan. (Pemkab Bulungan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *