Perguruan Tinggi Mesti Hasilkan SDM Cakap di Banyak Bidang

  • Bagikan
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bulungan Tarakan melaksanakan pelantikan Pengurus Yayasan Pendidikan Bulungan periode 2022 – 2027 dengan Ir. Marten kapung, M.M dilantik sebagai ketua pada Kamis (24/2). Bupati Bulungan melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan dalam sambutannya mengingatkan, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membuat dunia pendidikan harus cepat mengejar perubahan kehidupan dan dunia kerja.

Dijelaskan, selain perubahan dunia kerja, ada pula perubahan mendasar seperti lahirnya konsep baru dalam bidang ekonomi yang disebut ekonomi kreatif (knowledge based economy). Ada pula tuntutan terhadap kecakapan baru dan berbeda dari masa-masa sebelumnya. Untuk menjawab tantangan tersebut, kebijakan pendidikan tinggi sekarang harus memperhatikan kompetisi.

“Pendidikan kita harus mampu bersaing baik secara nasional, regional maupun global,” ucapnya. Dilanjutkan, pendidikan tinggi juga harus memperhatikan kompabiliti SDM yang dihasilkan agar bisa cocok, selaras atau tidak timpang dengan SDM bangsa-bangsa lain di dunia. Selanjutnya multi literasi di mana perguruan tinggi mesti membelajarkan banyak kecakapan kepada peserta didik untuk menghasilkan SDM dengan kemampuan dalam banyak bidang.
“Pendidikan Tinggi diminta agar mampu memadukan dan mengintegrasikan banyak ranah kemampuan,” tandasnya. Kemudian kecukupan sarana dan prasarana merupakan aspek yang tidak penting dalam menciptakan iklim akademik yang kondusif. Untuk itu, diperlukan dana yang sangat besar baik yang berasal dari pemerintah, masyarakat, unit usaha maupun dana dari para donatur yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Saya berharap, hal-hal tersebut dapat menjadi perhatian segenap pengurus Yayasan Pendidikan Bulungan sehingga ke depannya STIE Bulungan Tarakan dapat semakin maju dan berkembang serta meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Bulungan,” pesannya.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *