Operator Desa/Kelurahan Dilatih Aplikasi SIKS-NG

  • Bagikan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melalui Dinas Sosial menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Operator SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial – Next Generation ) Desa/Kelurahan di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati pada Kamis (10/3).  Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si berpesan agar para operator dapat terampil sehingga data kemiskinan bisa terverifikasi dengan baik.

Dijelaskan, berdasarkan Data Pembangunan Kabupaten Bulungan Tahun 2021, dari Bappeda dan Litbang serta Badan Pusat Statistik Bulungan, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Bulungan tahun 2020 sebanyak 13.008 jiwa (9,06 persen), meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 12.400 jiwa (8,78 persen). Data penduduk miskin tersebut berkaitan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), yang menjadi database bagi pemerintah baik pusat maupun daerah dalam melaksanakan program pengentasan kemiskinan.

“Saya berpesan kepada saudara sekalian selaku operator desa dan kelurahan, ikutilah bimtek ini dengan sebaik-baiknya, agar saudara dapat menjadi operator aplikasi SIKS-NG yang aktif dan cakap dalam entry data serta menghasilkan data yang lebih akurat, riil serta menjadi database data terpadu kesejahteraan sosial masing-masing kelurahan di Kabupaten Bulungan,” urainya. Dilanjutkan, dengan DTKS yang riil atau sesuai dengan kondisi di lapangan diharapkan berbagai program pengentasan kemiskinan dapat lebih tepat sasaran. Dilanjutkan, sesuai Peraturan Menteri Sosial Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, adalah kegiatan sistematis dalam pengaturan, penyimpanan dan pemeliharaan data yang mencakup pendataan, verifikasi dan validasi, dan penetapan data yang diperlukan untuk memastikan aksesibilitas, keandalan, ketepatan waktu dan akuntabilitas data dalam penggunaannya.

Adanya bimtek aplikasi SIKS-NG ini bagi operator desa/kelurahan dalam rangka pengelolaan data terpadu kesejahteraan sosial di tingkat kelurahan sehingga mendapatkan data yang valid, akuntabel dan berkelanjutan. Bimtek diikuti sebanyak 81 peserta dari desa/kelurahan se-Bulungan yang dibagi dalam 2 sesi untuk protokol kesehatan.

Video:

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.