Hambatan Pembangunan Daerah Disampaikan ke DPD RI

  • Bagikan
TANJUNG SELOR – Wakil Ketua DPD RI, Dr H Mahyudin, ST melaksanakan pertemuan dengan pemerintah provinsi dan kabupaten kota se-Kalimantan Utara (Kaltara) di Aula Lantai I Gedung Gabungan Dinas (Gadis) Pemprov Kaltara di Jl Rambutan, Tanjung Selor pada Selasa (29/3). Pertemuan berisi penyampaian informasi peluang, tantangan dan hambatan pelaksanaan pembangunan di daerah.

Kunjungan kerja DPD RI diikuti Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat (PUPR), Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) serta Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI. Turut hadir Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala, SE, M.Si serta Bappeda dan Litbang Kabupaten Bulungan.

Penyampaian informasi berupa pengisian formulir tantangan, peluang dan hambatan pelaksanaan pembangunan sesuai dengan urusan perangkat daerah yang disertai dengan usulan program/kegiatan penyelesaiannya.

Untuk Kabupaten Bulungan tantangannya adalah Disparitas pembangunan antar wilayah, Belum optimalnya Daya saing daerah, ingginya migrasi di kabupaten bulunganPemanfaatan Sumber Daya yang belum optimal dalam mendukung ,kedaulatan pangan dan energi, Pemenuhan kebutuhan Infrastruktur wilayah dalam melayani pergerakan orang, barang dan jasa, serta menjalankan roda ekonomi daerah, Adanya persaingan tenaga kerja dari luar daerah yang mempunyai keahlian dan keterampilan yang lebih kompetitif,Belum Optimalnya penggalian dan peningkatan sumber-sumber PAD yang saat ini baru mencapai sekitar 5% dari APBD, Tingginya perubahan tutupan lahan pada kawasan. kemudian Peluang Proyek Strategis Nasional (Kawasan Industri Tanah Kuning), Pembangunan PLTA Peso, Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), Pembangunan Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor Pembiayaan program kegiatan yang bersumber dana dari APBN/Swasta. Lalu hambatan Kondisi Geografis Wilayah Kabupaten, Konektifitas yang masih rendah antar wilayah terutama jalan dan jembatan yang menghubungkan antar kecamatan dan kecamatan dengan ibukota kabupaten, Pendanaan yang terbatas merupakan kendala utama dalam upaya percepatan penyelesaian pembangunan infrastruktur, Belum meratanya kualitas SDM dapat mengurangi kemajuan daerah, terlebih dalam era globalisasi baik persaingan dalam dunia kerja maupun kegiatan bisnis dibutuhkan SDM yang unggul, Belum memiliki RTR Kawasan. (Pemkab Bulungan)
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.