38 CJH Ikuti Bimbingan Manasik

  • Bagikan
PERSIAPAN : Calon Jemaah Haji Bulungan saat mengikuti bimbingan manasik haji yang dilaksanakan oleh Kemenag Bulungan, CJH Bulungan dapat berangkat tahun ini ke tanah suci Mekkah.

Bulungan, CitraBenuanta – Kelonggaran yang diberikan Pemerintah Arab Saudi terhadap pelaksanaan Ibadah Umbroh dan Haji di tahun 2022 menjadi kabar gembira bagi masyarakat Indonesia. Terlebih di Bulungan Calon Jamaah Haji (CJH) yang menjalankan Ibadah haji dapat terfasilitasi setelah beberapa kali ditunda pelaksanaannya karena pandemic Covid-19.

Untuk itulah Kementerian Agama (Kemenag) Bulungan melakukan sejumlah persiapan terhadap CJH, salah satunya adalah bimbingan manasik haji kepada sebanyak 38 orang calon jamaah yang dilaksanakan di Aula Gedung Pusat Layanan Haji Umroh Terpadu (PLHUT) Kemenag Bulungan, pada Rabu (25/5/2022).

Bupati Bulungan Syarwani yang turut hadir membuka bimbingan tersebut menyampaikan selamat kepada CJH yang mengikuti bimbingan tersebut.  Ia pun meminta Ikatan Persaudaraan Haji Bulungan dapat membantu berbagi dengan para calon jemaah haji khususnya tentang rukun-rukun dan rute-rute perjalanan selama berada di Tanah Suci.

“Meski ini baru manasik belum pelepasan, saya titip doa untuk Kabupaten Bulungan dan semoga Bapak Ibu semua dapat menjadi haji yang mabrur,” ucap Bupati.

Bupati menyebutkan bimbingan manasik haji tersebut bertujuan memberikan wawasan, pengetahuan serta sikap perilaku dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar, sehingga nantinya dalam melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci dapat berjalan lancar, sehat dan menjadi haji yang mabrur.

“Saya juga pesan agar selalu menjaga kesehatan karena informasi dari Kemenag tadi cuaca di Tanah Suci bisa mencapai hingga 50 derajat Celcius di puncak musim panas ini,” imbuhnya.

Bimbingan manasik haji Bulungan akan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, sementara untuk keberangkatan CJH Bulungan dijadwalkan akan bertolak ke embarkasi Balikpapan pada tanggal 28 Juni 2022 ini dan akan bertolak ke tanah suci pada tanggal 30 Juni 2022.

Pemondokan jamaah haji Bulungan selama di Mekkah disebutkan berada di Sektor 4 yang dekat dengan Masjidil Haram. Untuk itu bupati juga meminta agar jemaah haji menjaga kesehatan dan kondisi tubuh.

“Karena kondisi cuaca panas di Tanah Suci diperkirakan mencapai puncaknya di bulan Juli,” ujarnya.

Bupati melanjutkan, meski kuota haji tahun ini dikurangi oleh Pemerintah Arab Saudi namun tetap patut disyukuri karena ibadah haji sempat tertunda selama 2 tahun terakhir akibat situasi pandemi.

“Ini kabar gembira bagi kita semua, khususnya bagi calon jamaah,” tutupnya.

Untuk diketahui kegiatan juga dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Bulungan, H Saimin, Sekretaris Daerah Risdianto, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H Jamaluddin Saleh, serta perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Utara, H Sofyan.(MC Bulungan/sny)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *