Tanjung Palas Utara Gelar Lokakarya Implementasi Kurikulum Merdeka

  • Bagikan
Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Tanjung Palas Utara menggelar lokakarya untuk mempercepat pengimplementasian Kurikulum Merdeka di BPU Desa Ruhui Rahayu pada Minggu (12/6). Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si menyampaikan apresiasi atas inisiatif yang dilakukan K3S bersama INOVASI Kalimantan Utara (Kaltara) dalam mempercepat program nasional tersebut.
“Ini kegiatan yang luar biasa dan menjadi wujud bottom up atau adanya inisiatif dari bawah ke atas, dalam hal ini melalui K3S,” ucap Bupati didampingi Sekretaris Daerah, Risdianto, S.Pi, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Errin Wiranda, SE dan Forkopimda Bulungan. Bupati menyambut baik adanya Kurikulum Merdeka di mana kelulusan anak didik tidak lagi ditentukan dengan ujian tetapi melalui asesmen yaitu penilaian yang digunakan untuk mengukur apa yang diketahui atau telah dipelajari anak didik. Disebutkan, Kurikulum Merdeka sebagai hasil evaluasi menyeluruh dari kurikulum sebelumnya serta menyesuaikan dengan kondisi terkini.

“Ini bentuk dunia pendidikan yang dinamis di mana unsur-unsur di dalamnya harus mampu beradaptasi dan cepat menyesuaikan,” tandasnya. Diingatkan, kondisi pandemi 2 tahun terakhir memberikan pelajaran luar biasa terhadap dunia pendidikan, yang menuntut tenaga pendidik dan anak didik menguasai teknologi informasi dan komunikasi.
“Mudah-mudahan Kurikulum Merdeka ini dapat memberikan ruang kepada guru dan murid untuk berinovasi karena permasalahan pendidikan antara satu daerah dengan daerah yang lain itu tidak sama atau tidak bisa disamaratakan,” urainya. Kegiatan diisi penyerahan Big Book (Buku Besar) dari INOVASI Kaltara kepada Pemerintah Kabupaten Bulungan yang berisi karya para guru di Kabupaten Bulungan, Malinau dan Kabupaten Tana Tidung yang bertema konten lokal. Big Book tersebut akan dibagikan kepada seluruh SD/MI di Bulungan.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.