Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pembangunan Mesti Perhatikan Kelestarian

  • Bagikan
Tanjung Selor, Citra Benuanta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Hutan Kota Bunda Hayati, Jl Sengkawit, Tanjung Selor pada Sabtu (18/6). Bupati Bulungan melalui Sekretaris Daerah (Sekda), Risdianto, S.Pi, M.Si mengingatkan, pembangunan mesti memperhatikan pergerakan, pengelolaan serta ekploitasi sumber daya alam.
“Tetap memperhatikan daya dukung lingkungan serta kelestarian lingkungan yang kita miliki,” ujarnya. Disebutkan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang tahun ini mengusung tema Satu Bumi untuk Masa Depan sejalan dengan program SDGs (Sustainabel Development Goals) atau tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan antara lain mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.
Diingatkan, suatu saat lingkungan sudah tidak bisa mendukung aktifitas dan pergerakan manusia disebabkan eksploitasi dan pesatnya pembangunan yang terjadi. Untuk Kabupaten Bulungan yang memiliki potensi alam yang sangat besar, harus menjadi perhatian semua pihak bagaimana tata kelolanya ke depan.
“Terdapat 3 isu terkait aspek lingkungan Bulungan ke depan yaitu ketahanan energi, ketahanan pangan dan ketahanan air,” tandasnya. Dijelaskan, jika degradasi lingkungan terjadi dan sumber daya terbatas maka perlu mengembangkan energi baru dan terbarukan seperti yang dikembangkan di Bulungan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang dapat mendukung percepatan pembangunan. Lalu isu ketahanan pangan, Kabupaten Bulungan memiliki lahan cukup luas yang memungkinkan melakukan ekspansi bukan hanya intensifikasi pertanian. Hal ini sejalan dengan visi Mewujudkan Kabupaten Bulungan yang Berdaulat Pangan, Maju dan Sejahtera.
Lalu isu ketiga yaitu ketahanan air, Bulungan dikelilingi sumber daya air yang begitu melimpah yang membutuhkan strategi dan perencanaan yang tepat untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan.
“Saya yakin dan percaya dengan kita sumber daya manusia yang kita miliki, dengan berkolaborasi, bekerja bersama serta kompak. Kabupaten Bulungan akan maju dan pesat perekonomian daerahnya,” pungkasnya dalam kegiatan yang diisi penanaman bibit pohon. (Pemkab Bulungan)
  • Bagikan
Exit mobile version