Wabup Buka Mubes Persatuan Dayak Kayan Ke-3

  • Bagikan
DIMULAI : Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala saat memukul gong tanda dimulainya Mubes Persatuan Dayak Kayan ke-3 di Desa Pura Sajau, Selasa (28/6/2022).(SAMSUL UMARDHANY/DKIP)

Bulungan, CitraBenuanta – Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala secara resmi membuka Musyawarah Besar (Mubes) Persatuan Dayak Kayan Kaltim-Kaltara yang Ke-3 di Desa Pura Sajau Kecamatan Tanjung Palas Timur, Selasa (28/6/2022).

Kegiatan berlangsung di lapangan sepak bola Desa Sajau Pura dengan pertunjukan Udoq Aru, Bakin Klika, Melak hingga Mamat oleh masyarakat setempat. Tercatat sebanyak 2800 peserta mengikuti kegiatan mubes ini, dimana mereka datang dari wilayah Kaltim-Kaltara bahkan Serawak, Malaysia.

Dalam sambutannya wabup juga mengapresiasi pelaksanaan mubes tahun ini, dia menyebutkan kegiatan ini kegiatan yang paling besar selama pelaksanaan mubes, untuk itu ia berharap juga agar dalam kegiatan yang ada sekiranya dapat mengevaluasi program-program yang ada.

“Sehingga program-program yang akan datang juga bisa lebih baik,” ujarnya.

Dalam mubes kali ini kata wabup, persatuan Dayak Kayan juga akan mencari pemimpin atau ketuanya yang baru, wabup berharap siapapun nanti yang akan terpilih agar dapat melahirkan program, visi-misi yang jelas dan baik.

“Yang mampu dilaksanakan oleh setiap anggotanya dimanapun ia berada,” imbuhnya.

Ia melanjutkan pemimpin yang baru nantinya agar memperhatikan program yang dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dan juga satu motivasi dan semangat warga Kayan dimana pun berada.

“Agar dapat terus memberikan kontribusi dalam pembangunan kepada pemerinta, baik itu yang di wilayah Kaltim, Kaltara ini maupun Serawak Malaysia,” harapnya.

Wabup juga mengajak masyarakat Dayak Kayan untuk menunjukan bahwa masyarakat adat tersebut adalah warga yang baik, warga yang bisa bersatu dengan masyarakat adat yang lainnya, terutama juga kepada pemerintah.

“Kami menyambut baik kegiatan ini, namun selama pelaksanaan yang akan dilaksanakan selama empat hari ini jika ada kekurangan dari desa kami, kami mohon dimaklumi dan dimaafkan,” ucapnya.

Ia mendoakan agar pelaksanaan mubes tersebut juga dapat berjalan dengan penuh semangat, khidmat serta penuh kedamaian, moment yang baik tersebut kata dia harus dimanfaatkan untuk memperat persatuan dan silatuhrahmi warga Kayan di Kalimantan ini umumnya dan khususnya bagi suku Dayak Kayan Kaltim-Kaltara maupun yang ada di Serawak.(MC Bulungan/sny)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.