KASN Lakukan Pembinaan Tata Cara Pengisian JPT dan Pansel

  • Bagikan
PEMBINAAN : KASN berkerjasama dengan BKPSDM melakukan pembinaan tata cara pengisian JPT dan Pansel di Lingkungan Pemkab Bulungan.

Bulungan, CitraBenuanta – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bulungan berkerjasama dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) melakukan pembinaan Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama atau JPT dan Panitia Seleksi atau Pansel di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bulungan yang dilaksanakan semi virtual di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan, Kamis (14/7/2022).

Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala membuka secara resmi kegiatan tersebut, dimana ia menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan pembinaan pelaksanaan seleksi terbuka, uji kompetensi dan evaluasi kinerja 5 tahun JPT serta pembinaan panitia seleksi dan evaluasi kinerja, selain itu juga mencegah pelanggaran yang terjadi saat pengisian JPT dan pelanggaran sistem merit lainnya serta meningkatkan reformasi birokrasi dan reformasi manajemen ASN yang dilakukan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bulungan.

SAMBUTAN : Wabup Ingkong Ala saat membuka kegiatan secara resmi yang berlangsung di ruang serbaguna lantai II Kantor Bupati Bulungan, Kamis (14/7/2022)

SeperTi diketahui, adanya seleksi terbuka dan panitia seleksi dilaksanakan berdasarkan Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan atas PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil serta PermenPAN RB Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian JPT Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah.

“Persyaratan untuk mengikuti seleksi terbuka JPT yaitu pangkat golongan ruang, usia, pengalaman tugas, riwayat jabatan serta rekam jejak,” ungkapnya.

Adapun tahapanya kata wabup ialah berupa seleksi administrasi, uji kompetensi, tes kesehatan, uji gagasan tertulis atau makalah, rekam jejak, integritas dan moralitas serta paparan dan wawancara.

“Adanya penulisan makalah atau uji gagasan tertulis  untuk mengukur kemampuan konseptual, teknis dan komunikasi tertulis dalam menjelaskan program kerja dan rencana kerja perangkat daerah selanjutnya, guna berkontribusi dalam pencapaian visi dan misi Kabupaten Bulungan,” terangnya.

Untuk itu, wabup juga berharap, kegiatan pembinaan tata cara pengisian JPT dan Pansel tersebut dapat diikuti dengan sungguh-sungguh oleh peserta dari jajaran terkait di lingkup pemerintah kabupaten.

“Sehingga ke depannya dapat melaksanakan seleksi terbuka JPT dan Pansel dengan sebaik mungkin serta sesuai ketentuan yang ada,” imbuhnya.

Tentu kata wabup sudah menjadi harapan bersama, bahwa melalui seleksi terbuka JPT dan Pansel yang akan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bulungan nantinya, akan dapat diikuti PNS-PNS yang benar-benar kompeten.

“Seleksi dilaksanakan secara terbuka dan kompetitif, dapat melahirkan pejabat pimpinan tinggi terbaik dari yang baik, serta dapat menjalankan strategi perangkat daerah dalam percepatan pencapaian visi misi bupati dan wakil bupati bulungan, yaitu mewujudkan kabupaten bulungan yang berdaulat pangan, maju dan sejahtera,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)

  • Bagikan
Exit mobile version