Pemkab Gelar FGD Kerjasama Ekonomi dan Keuangan Daerah

  • Bagikan
KERJASAMA : Pemkab Bulungan dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kaltara gelar FGD Kerjasama Ekonomi dan Keuangan Daerah, Rabu (27/7/2022).

Bulungan, CitraBenuanta – Sekretaris Daerah (Sekda), Risdianto membuka Focus Group Discussion (FGD) kerjasama ekonomi dan keuangan daerah di Kabupaten Bulungan. FGD ini bekerjasama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang digelar di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati pada Rabu (26/7/2022).

Dijelaskan sekda, kegiatan isebagai tindak lanjut dari nota kesepakatan antara Pemkab Bulungan dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kaltara serta sebagai wadah untuk meningkatkan koordinasi, dan kerjasama yang intensif dalam pengelolaan ekonomi dan keuangan daerah.

Disebutkannya pula ada 3 kegiatan strategis yang dapat dilaksanakan dalam kerjasama pengelolaan ekonomi dan keuangan daerah. Pertama, sinkronisasi dan sinergi kebijakan dalam rangka mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan daerah melalui percepatan implementasi program reformasi struktural.

Kedua, pertukaran data dan informasi serta analisis terkait pengembangan ekonomi dan keuangan daerah.dan ketiga, yaitu perlunya pembentukan Forum Koordinasi Ekonomi dan Keuangan Daerah (KEKD).

“Melalui forum ini, berbagai isu strategis terkait pengembangan ekonomi dan keuangan daerah akan dibahas untuk menghasilkan rekomendasi kebijakan atau arahan-arahan strategis bagi kepentingan daerah,” terang Sekda.

Melalui FGD ini pula diharapkan juga dapat mengintegrasikan berbagai kegiatan dan inisiatif terkait dengan pengembangan ekonomi dan keuangan di daerah yang selama ini telah berjalan dengan baik.

Hal tersebut kata dia sejalan dengan peran daerah yang semakin penting dalam perekonomian nasional sejak kebijakan desentralisasi daerah digulirkan pada tahun 1999, Peran daerah juga semakin strategis dengan terus meningkatnya jumlah alokasi anggaran transfer ke daerah dan Dana Desa yang mendekati anggaran belanja Kementerian dan Lembaga.

“Saya berharap melalui kegiatan focus group discussion yang kita laksanakan pada hari ini, kiranya dapat ditindaklanjuti dengan beberapa kegiatan strategis tersebut,” ucapnya.

Lebih jauh sekda katakana nota kesepakatan atau MoU antara Pemkab Bulungan dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kaltara akan memberikan dasar untuk bersama-sama memperkuat perencanaan pembangunan ekonomi di daerah, mengoptimalkan pengelolaan keuangan daerah, mendorong berkembangnya sektor riil dan industri bernilai tambah tinggi.

“Selain itu, juga dapat mengakselerasi upaya-upaya untuk mengatasi persoalan struktural guna meningkatkan iklim investasi dan daya saing usaha di daerah, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.(MC Bulungan/prokopim/sny)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *