Penanganan Karhutla, Pemkab Jalin MoU dengan Multi Pihak

  • Bagikan
KERJASAMA : Multi pihak saat menandatangani Mou penanganan bencana alam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Bulungan disaksikan oleh Sekda Risdianto yang juga turut melakukan penandatanganan MoU.(Samsul Umardhany/DKIP)

Bulungan, CitraBenuanta – Dalam upaya penanganan bencana alam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karthutla) di Bumi Tenguyun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menjalin kerjasama dengan multi pihak, khususnya beberapa perusahaan yang beroperasi di wilayah Bulungan.

Kerjasama tersebut diwujudkan dalam penandatangan MoU oleh multi pihak dalam kegiatan Apel Kesiapsiagaan dan Gelar Peralatan oleh BPDB Bulungan di Lapangan Agathis, Rabu (27/7/2022).

Sekda Bulungan Risdianto menjadi inspektur apel yang juga didampingi Dandim 0903 dan Wakapolres Bulungan yang selanjutnya melakukan pemeriksaan pasukan serta pemeriksaan peralatan penunjang petugas di lapangan. Juga ada penyerahan bantuan berupa alat pemadam kebakaran kepada Desa Sajau, Desa Pura Sajau, Wonomulyo, Tanjung Agung, Sajau Hilir dan Jelarai Selor.

Sekda dalam sambutannya menyampaikan bahwa Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Gelar Peralatan Kabupaten Bulungan tersebut juga merupakan momentum yang tepat bagi satuan pelaksana penanggulangan bencana untuk melakukan sinergi dan konsolidasi.

“Kita tahu bahwa bencana alam merupakan sesuatu yang sulit diprediksi. Namun kita bisa melakukan antisipasi untuk meminimalisir dampak-dampak yang akan timbul dari bencana,” jelasnya.

Lebih jauh ia katakan, Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Gelar Peralatan Tahun 2022 Kabupaten Bulungan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh elemen masyarakat terhadap musibah bencana yang juga menjadi ancaman baik bagi stabilitas pemerintah daerah maupun nasional.

“Saya atas nama kepala daerah sangat mengapresiasi dan bangga atas terlaksananya kegiatan ini dan saya mengucapkan terimakasih untuk semua pihak yang terlibat baik TNI, POLRI, BPBD, Tim Karhutla maupun beberapa multipihak yang hadir dalam kesempatan ini dan turut serta dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Bulungan, kegiatan kerjasama ini merupakan suatu inovasi yang baru di Kabupaten Bulungan dan upaya konkret BPBD dalam pentaheliks, yaitu pelibatan unsur Lembaga usaha dalam penanggulangan bencana,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)

Nama-nama Perusahaan yang bekerjasama dalam hal ini :
-PT.Kayan Makmur Sejahtera (KMS)
-PT.Bulungan Citra Agro Persada (BCAP)
-PT.Prima Bahagia Permai (PBP)
-PT.Sawit Berkat Sejahtera (SBS)
-PT.Dharma Intisawit Lestari (DIL)
-PT.Abdi Borneo Plantation (ABP)
-PT.Agro Sawit Mas Lestari
-PT.Kayan Plantation (KP)
-PT.Sanjung Makmur
-PT.Pipit Mutiara Indah (PMI)
-PT.Tunas Borneo Plantation
-PT.Pipit Mutiara Jaya (PMJ)
-PT.IKANI
-PT.Inhutani 1 Unit Pangean
-PT.Inhutani 1 Unit Segah Hulu
-PT.Inhutani 1 Unit Pimping.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *