Bupati Launching Program Tebu Kayan

  • Bagikan
ARAHAN : Bupati Bulungan Syarwani saat memberikan sambutan dan arahan dalam kegiatan peringatan hari anak nasional dan launching Tebu Kayan, Minggu (7/8/2022).(Samsul Umardhany/DKIP)

Bulungan, CitraBenuanta – Bertepatan dengan puncak peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022, Pemkab Bulungan secara resmi meluncurkan program Tempat Berkumpul Kabupaten Sehat dan Layak Anak atau TEBU KAYAN, yang di-launching langsung oleh Bupati Bulungan Syarwani di Tepian Sungai Kayan, Minggu (7/8/2022).

Dalam arahannya, bupati menyebutkan bahwa masyarakat dan pemerintah daerah memberikan ruang yang besar, memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk bisa beraktifitas dalam keadaan aman dengan penuh keceriaan serta kebahagian sekaligus dapat menuangkan kreatifitasnya di kawasan tersebut.

“Ini salah satu komitmen pemerintah daerah yaitu dengan memberikan ruang kepada anak-anak di ruang publik,” jelasnya.

Selain sebagai dukungan terhadap pemenuhan hak anak, kawasan Tebu Kayan juga dapat digunakan masyarakat umum untuk berolahraga sembari menikmati jajanan dari UMKM yang ada, dengan jadwal rutin yaitu setiap hari Minggu dengan waktu dimulai pukul 06.30 hingga 09.00 wita.

“Tidak boleh ada asap rokok di tempat Tebu Kayan karena space ini dibuat khusus buat masyarakat olahraga bebas polusi, bertemu dengan kerabat, tempat termasuk ruang yang ramah untuk anak-anak belajar membaca, melukis, bermain di Tebu Kayan, kalau mau merokok saya persilakan diluar area Tebu Kayan,” sebutnyaa.

Adapun titik ruang khusus anak-anak ini kata bupati dari depan PMK Bulungan sampai Tugu Cinta Damai, sementara ruang kreasi anak muda dan masyarakat umum yaitu pada ATM Drivethru BanKaltimtara hingga kearah Korem Maharajalila.

Terlepas dari itu bupati juga berharap agar berbagai macam kegiatan dalam rangkaian peringatan hari anak di Bulungan tidak putus pada acara seremonial saja atau di berhenti di tahun ini.

“Komitmen kita bagaimana menjadikan anak Bulungan, putra-putri terbaik yang harus disiapkan dan direncanakan untuk menyongsong masa depan yang lebih baik lagi. Anak-anak yang ada harus kita pastikan tumbuh kembangnya dan kita lindungi hak-haknya,” jelasnya.

Bupati juga mengajak agar semua orang tua memberikan bimbingan yang terbaik terhadap anak-anaknya, memberikan pendidikan yang terbaik serta menyiapkan masa depan anak-anak dalam menyongsong masa yang akan datang.

“Tebu Kayan juga termasuk komitmen pemerintah, dengan adanya Kawasan tebu kayan ini, sebagai perwujudan keinginan masyarakat dan pemerintah bagaimana memberikan ruang kepada terbuka bagi masyarakat umum dan anak-anak kita,” sebutnya.

Sehingga Kawasan Tebu Kayan tersebut kata dia dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menuangkan segala kreatifitas. Bupati juga kepada pelaku dunia Pendidikan, komunitas dan pihak lainnya untuk bisa menggunakan Kawasan tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Sehingga pendidikan juga tidak hanya sebatas di dalam ruang kelas saja,” ucapnya.

Selain itu bupati juga mengajak agar semua orang tua untuk bisa memastikan tumbuh-kembang dan melengkapi gizi anaknya, untuk pencegahan dan meminimalisir masalah stunting atau bayi pendek.

“Kasus stunting yang ada di Indonesia di targetkan menjadi 14 persen. Saya yakin di Bulungan masih ada kasus untuk itu indikasi kasus yang ada harus menjadi sebuah komitmen bersama dalam upaya menekan seminimal mungkin kasus stunting,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.