124 Peserta KKN-PPM Unikal Ditempatkan di 3 Kabupaten

  • Bagikan
SAMBUTAN : Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala saat memberikan sambutan dalam kegiatan pelepasan peserta KKN-PPM KE-XI Unikal, Senin (8/8/2022).

Bulungan, CitraBenuanta – Sebanyak 124 peserta kuliah kerja nyata-pembelajaran pemberdayaan masyarakat (KKN-PPM) Ke-XI Universitas Kaltara (Unikal) terjun langsung ke masyarakat, setelah Wakil Bupati Ingkong Ala melepas para peserta di Halaman kampus ini, Senin (8/8/2022).

Peserta KKN Ke-XI Unikal ini akan ditempatkan di 3 kabupaten yang ada di Kaltara, dari Bulungan, Tana Tidung hingga Malinau yang terdiri dari puluhan posko dan beberapa program studi.

Wabup dalam arahannya berharap agar melalui kegiatan KKN-PPM yang dilaksanakan mahasiswa-mahasiswi tahun ini, dapat turut membantu Pemerintah Kabupaten Bulungan, melakukan identifikasi faktor-faktor produksi di lokasi kelompok KKN yang dapat dikembangkan sebagai potensi unggulan.

“Serta menyusun program pemanfaatan dan pengembangan potensi lokal yang ada di desa. sehingga akan lahir produk yang bernilai guna bagi masyarakat, khususnya masyarakat desa,” sebutnya.

Wabup juga berpesan kiranya kegiatan KKN-PPM Angkatan XI ini bisa memberi manfaat bagi masyarakat di lokasi KKN khususnya dan bagi Kabupaten Bulungan pada umumnya. Dikatakannya sebagaimana diketahui bersama, kegiatan KKN adalah salah satu program wajib dalam setiap tahun akademik bagi para mahasiswa sebelum masa purna mereka mengikuti kegiatan akademik dan dinyatakan lulus sebagai sarjana.

“Keikutsertaan mahasiswa dalam program KKN sejatinya harus dimaknai sebagai bagian dari proses pembelajaran dan pembentukan karakter sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan,” imbuhnya.

KKN lanjut wabup, merupakan salah satu kegiatan untuk merekatkan diri mahasiswa dengan masyarakat sebagai bentuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan konteks tri dharma perguruan tinggi.

Lebih jauh ia katakan kegiatan KKN merupakan suatu tugas pengabdian yang dibebankan kepada pesertanya sebagai perwujudan nyata keterikatan emosional antara dunia kampus dengan masyarakat.

“Oleh sebab itu, kegiatan ini bukan hanya semata-mata untuk menyelesaikan kewajiban tuntutan kurikulum yang dibebankan oleh universitas kepada mahasiswa sebelum menyelesaikan studi,” terangnya.

Melalui kegiatan KKN ini, lanjutnya, mahasiswa diharapkan dapat melakukan proses transfer pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh semasa mengikuti perkuliahan pada Universitas Kaltara, sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing kepada masyarakat, sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan berhasil guna.

“Yang tidak kalah penting yaitu peserta mempunyai kesempatan untuk melakukan pembelajaran dan pemberdayaan kepada masyarakat melalui program yang telah disiapkan sesuai dengan dinamika, karakteristik dan perkembangan masyarakat setempat,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.