Bupati Sampaikan Nota Keuangan Rancangan Perubahan APBD

  • Bagikan
SERAHKAN : Bupati Bulungan Syarwani saat menyerahkan nota keuangan rancangan perubahan APBD 2022 kepada Ketua DPRD Bulungan Kilat, Senin (29/8/2022). (Samsul Umardhany/DKIP Bulungan)

Bulungan, CitraBenuanta – Bupati Bulungan Syarwani menyampaikan nota keuangan rancangan perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Bulungan 2022 dalam sidang rapat paripurna yang digelar di ruang sidang datu adil DPRD Bulungan, Senin (29/8/2022).

Anggaran yang digunakan dalam Menyusun perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 berorientasi pada anggaran berbasis kinerja atau prestasi kerja, sesuai dengan Peraturan Pemerintah  Nomor 12 Tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah dan Permendagri Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyusunan APBD tahun 2022.

Disebutkan bupati rancangan perubahan anggaran APBD Tahun 2022 disusun dengan tetap menggarisbawahi lima prioritas pembangunan yang telah disepakati yaiutu meningkatnya SDM yang berkualitas, meningkatnya ekonomi dalam arti luas, mewujudkan percepatan pembangunan infrastruktur, menciptakan tata pemerintahan yang bersih, berwibawa dan demokrasi serta penanggulangan kemiskinan dengan tetap memperhatikan  program-program penunjang lainnya.

Implikasinya, kebutuhan pengeluaran yang relatif lebih besar dibanding dengan kemampuan keuangan daerah yang bersifat  terbatas, dengan kondisi demikian maka posisi rancangan perubahan APBD tahun 2022 tetap pada kisaran anggaran defisit.

Antisipasi yang dapat ditempuh kata bupati antara lain, melakukan evaluasi terhadap beberapa sumber penerimaan daerah yang masuk kategori potensial pada saat anggaran 2022 berjalan, terutama terhadap sumber-sumber penerimaan PAD.

Kemudian Menyusun skala prioritas pembiayaan yang lebih ketat terhadap program kegiatan yang mana harus didahulukan dan program kegiatan mana yang dinilai dapat dilaksanakan bertahap. Selanjutnya melakukan rasionalisasi belanja pada program dan kegiatan yang ada di OPD.(MC Bulungan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.