Bupati Distribusikan Zakat di Dusun Tias

  • Bagikan
SALURKAN : Bupati Bulungan Syarwani saat mendistribusikan zakat hasil pengumpulan UPZ Kampung Sadar Zakat Tias kepada yang berhak menerimanya, Kamis (1/9/2022).(Samsul Umardhany/DKIP)

Bulungan, CitraBenuanta – Bupati Bulungan Syarwani melakukan kunjungan kerja ke Dusun Tias, Desa Tanjung Buka, Kecamatan Tanjung Palas Tengah untuk melakukan pendistribusian zakat di Kampung yang dicanangkan sebagai Kampung Sadar Zakat tersebut, Kamis (1/9/2022).

Disebutkan Ketua Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Kampung Sadar Zakat, M.Nafri Eka Putra sejak diluncukan pada 05 November 2021 hingga sejauh ini, pihaknya telah mengumpulkan zakat sebesar Rp 91 juta rupiah dan telah disalurkan sebesar Rp 72 juta rupiah.
Adapun zakat yang terkumpul kata dia digunakan untuk program-program seperti untuk santunan pendidikan, bantuan sembako, santunan kepada anak yatim, piatu, kepada fakir miskin dan janda. Selain itu dana zakat juga dikeluarkan untuk bantuan kesehatan maupun santunan pendidikan bagi anak yatim piatu.

Sementara itu Bupati Bulungan Syarwani juga sangat mengapresiasi konsistensi yang dilakukan warga Dusun Tias dalam membantu sesama demi meringankan beban ekonomi yang ada, hal tersebut kiranya juga dapat dicontoh bagi wilayah lainnya.

“Saya kira Dusun Tias ini dapat menjadi contoh bagaimana kegiatan yang berkelanjutan dan bagaimana komitmen masyarakat dalam membantu sesama,” terangnya.

Lebih jauh dikatakan bupati, jika disampaikan total zakat yang terkumpul sejauh ini sudah mencapai Rp 91 juta, itu artinya dalam kurun waktu berjalannya kampung sadar zakat atau kurang lebih 9 bulan ini, itu artinya masyarakat Tias setiap Bulannya memberikan zakat sebesar Rp 10 juta, bukan nilainya kata bupati yang harus diapresiasi namun kontinuitasnya.

“Artinya ada kesadaran masyarakat untuk menunaikan zakat dan membantu sesamanya,” sebut bupati.

Untuk diketahui dalam pendistribusian ini ada sebanyak 53 orang menerima bantuan, dengan rincian sebanyak 39 orang menerima infaq dan 14 orang menerima santunan anak yatim dan biaya Pendidikan.

Selain itu bupati juga menyerahkan bantuan sarana dan prasarana produksi perikanan tangkap dari Dinas Perikanan Bulungan berupaka mesin diesel 24 HP sebanyak 7 unit bagi KUB Tias Sejahtera dan mesin ketinting 13 HP sebanyak 10 unit kepada KUB Putra Tias. Selain kegiatan tersebut bupati juga berkesempatan meninjau sarpras pendidikan yang ada.(MC Bulungan/sny)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.