Festival Sungai Kayan di Bulungan, 750 Peserta Berpartisipasi

  • Bagikan
PESERTA : Tampak Peserta Lomba Perahu Dayung Putra saat bersiap melakukan konvoi tanda dimulainya kegiatan Festival Sungai Kayan Tahun 2022.

Bulungan, CitraBenuanta – Festival Sungai Kayan dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Tanjung Selor Ke-232 dan Kabupaten Bulungan yang Ke-62 tahun, secara resmi dibuka oleh Bupati Bulungan Syarwani yang didampingi Wabup Ingkong Ala dan Sekda Risdianto. Hadir pula Gubernur dan Wagub Kaltara, yang dilaksanakan di Pelabuhan VIP-Kayan I Tanjung Selor, Sabtu (24/9/22).

Lomba perahu dayung dan balap ketinting menjadi hiburan yang sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat, dalam kesempatan kali ini puluhan peserta baik lomba dayung dan balap ketinting.

Dengan rincian perahu dayung putra kelas 20 orang sebanyak 30 peserta, kelas 30 orang sebanyak 17 peserta, kelas 50 orang sebanyak 5 peserta sementara untuk putri kelas 20 orang sebanyak 11 peserta. Sedangkan untuk balap ketinting kelas 5-6 HP sebanyak 84 peserta, kelas 13-17 HP sebanyak 44 peserta dan perahu Habob 40 HP sebanyak 11 peserta.

 

Adapun total hadiah sebesar Rp 166,5 juta yang merupakan anggaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulungan. Peserta yang turut berpartisipasi juga telah Terlindungi dalam BPJS ketenagakerjaan sebanyak 750 orang.

Dalam sambutannya bupati menyebutkan kegiatan ini juga merupakan komitmen bagiamana mencintai dan melestarikan Sungai Kayan yang selama ini juga telah turut memberikan dampak positif bagi masyarakat Bulungan.

“Bukan hanya sekadar menjadi pusat dan urat nadi ekonomi masyarakat, tapi juga Sungai Kayan juga lahir pemimpin-pemimpin Bulungan yang tentu dan saya yakin dan percaya sudah pernah meminum air Sungai Kayan,”

Sehingga kata dia menjadi kewajiban kita bersama bagaimana bisa melestarikan dan menghidupkan Sungai Kayan ini, tentu dengan berbagai cara, salah satunya dengan Festival Sungai Kayan.

“Semoga kegiatan ini mampu memberikan manfaat terutama manfaat silatuhrahmi dan mempererat hubungan persaudaraan dan kekompakan warga Bulungan,” ucapnya.

“Apapun alasannya, tanpa adanya kekompakan dan persatuan dari seluruh warga masyarakat Bulungan tidak ada yang bisa dilakukan untuk membangun daerah ini,” sambung bupati.

Untuk itu bupati juga mengajak untuk bersama-sama menjaga kedamaian dan kondusifitas yang ada di Bulungan dan Kalimantan Utara pada umumnya.

Terlepas dari itu, terkait kegiatan yang dilaksanakan tersebut, bupati menyebut bahwa telah menjadi kebangaan pihak Pemerintah daerah, sebab masih bisa dilaksanakan dan antusias masyarakat cukup tinggi.

“Ini sebagai suatu kebangaan bagi kami juga bagi warga Bulungan karena bisa kita laksanakan dengan jumlah peserta yang cukup banyak dan hampir seluruh kecamatan hadir berpartisipasi, ini bukti komitmen kita semua dalam mencintai Sungai Kayan,” pungkasnya.(MC Bulungan/sny)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.