Pejabat Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Dilantik

  • Bagikan
DILANTIK : Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Bulungan Adi Irwansyah saat melantik Gun Iva Nurhayati sebagai pejabat pengelola Pengadaan Barang/Jasa (PPBJ) Pemkab Bulungan.

Bulungan, CitraBenuanta – Mewakili Bupati Bulungan Syarwani, Asisten Administrasi Umum, Adi Irwansyah melantik Gun Iva Nurhayati sebagai pejabat fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa (PPBJ) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan di Ruang Serbaguna Lantai I Kantor Bupati, Selasa (4/9/22).

Dalam menyampaikan pesan bupati, Adi Irwansyah mengatakan bahwa berdasarkan Peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 21 Tahun 2020 menyebutkan, PPBJ bertugas melaksanakan pemilihan penyedia pengadaan barang/jasa, pengelolaan kontrak pengadaan barang/jasa serta pengelolaan pengadaan barang/jasa pemerintah secara swakelola.

Peraturan dari BKN tersebut menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 yang menghendaki pengelolaan barang dan jasa dilaksanakan secara lebih profesional dengan menempatkan sumber daya ASN yang kompeten di unit kerja pengadaan barang dan jasa.

“Saya berpesan kepada saudara kiranya dapat melaksanakan amanah ini dengan sebaik mungkin dan penuh tanggungjawab, karena pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional, termasuk di Kabupaten Bulungan,” ujarnya.

Dijelaskan, pengadaan barang dan jasa dari APBD Bulungan diharapkan dapat menggerakkan perekonomian maupun memutar roda usaha lokal yang ada di daerah. Di dalamnya sudah pasti ada peran dari pejabat fungsional pengadaan barang dan jasa di lingkup Pemkab Bulungan.

Adanya pelantikan juga sejalan dengan arah transformasi ULP (Unit Layanan Pengadaan) ke depannya. yang tadinya hanya berfungsi melakukan pemilihan penyedia kemudian menjadi Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ). Model kelembagaan pengadaan yang baru ini memuat fungsi yang tidak hanya terbatas pada pengelolaan pengadaan barang/jasa saja, melainkan juga memuat fungsi pengelolaan LPSE, pembinaan SDM dan kelembagaan, hingga pelaksanaan pendampingan dan konsultasi.

“Saya berharap, saudara memiliki keyakinan serta kepercayaan, bahwa Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, menempatkan saudara dalam posisi yang sekarang, karena ada sesuatu dalam diri saudara,” harapnya.

“Yang bisa diberikan untuk memajukan Kabupaten Bulungan. khususnya dalam mendukung kelancaran proses pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bulungan,” sambungnya.

Diingatkan pula kepada pimpinan unit kerja pengadaan barang dan jasa, agar berkomitmen membentuk tim penilai angka kredit jabatan fungsional pengelola pengadaan barang dan jasa, termasuk dukungan sistem IT dan kelayakan insentifnya, sebagai bagian dari sistem pembinaan dan pemberdayaan ASN serta optimalisasi perluasan peran dan fungsi pejabat fungsional PPBJ di lingkup Pemkab Bulungan.(MC Bulungan/sny/prokopim)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.