TAKE Bulungan Hijau, Jadi Contoh Nasional

  • Bagikan
MEMAPARKAN : Sekda Risdianto saat memaparkan TAKE Bulungan Hijau pada whorkshop nasional di Surabaya.

Bulungan, CitraBenuanta – Salah satu program unggulan Kabupaten Bulungan, TAKE (Transfer Anggaran Kabupaten berbasis Ekologi) Bulungan Hijau yang diluncurkan pada Mei 2022 menjadi contoh dalam workshop nasional adopsi TAPE (Transfer Anggaran Provinsi berbasis Ekologi), TAKE dan ALAKE (Anggaran Kelurahan berbasis Ekologi) di Indonesia yang dilaksanakan di Surabaya pada 4-5 Oktober 2022.

Sekretaris Daerah, Risdianto mewakili Pemerintah Kabupaten Bulungan menjadi narasumber yang memaparkan penerapan TAKE di hadapan para pemerhati lingkungan dari provinsi, kabupaten dan kota, dimana para peserta worskhop nasional meliputi dari pemerintah daerah yang telah dan sedang mendorong proses adopsi dan implementasi TAPE, TAKE dan ALAKE serta CSO pendamping pemerintah daerah dan lembaga donor.

Seperti diketahui, TAKE merupakan salah satu dari 15 program prioritas Syarwani – Ingkong Ala selaku Bupati dan Wakil Bupati Bulungan periode 2021 – 2024 dan tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, yang bertujuan mempercepat kemandirian desa dalam melakukan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan serta meningkatkan pemberdayaan desa. Program TAKE Bulungan Hijau dilaksanakan dengan penilaian mandiri secara digital.

Program TAKE Bulungan Hijau didesain dari visi dan misi Kabupaten Bulungan khususnya pada misi keempat, yaitu memajukan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, melalui pemanfaatan sumber daya alam yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Melalui program kompetisi antar desa ini, desa-desa di Bulungan yang dinilai memiliki komitmen pengelolaan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan akan mendapat insentif fiskal atau kemudahan maupun prioritas anggaran.

Sekda mengungkapkan, melalui pelaksanaan TAKE Bulungan Hijau, bagi desa-desa yang dalam program kegiatan pembangunannya menunjukkan komitmen lingkungan yang berkelanjutan mendapat insentif anggaran serta prioritas anggaran.

“Terdapat 74 desa di Kabupaten Bulungan yang kita harapkan melalui program TAKE Bulungan Hijau ini dapat meningkatkan pembangunan yang berwawasan lingkungan,” ujarnya.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.