Bupati Harap Sistem SUTT Bermanfaat Bagi Masyarakat

  • Bagikan
BERTEMU : Bupati Bulungan Syarwani saat menjamu Manager Unit Pelaksana Proyek Pembangkit dan Jaringan Kalimantan Bagian Timur 2 (UPP Kalbagtim 2), Faal Murreyza Dundah dalam rangka audensi PT PLN dengan bupati, Selasa (01/11/2022).

Bulungan, CitraBenuanta – Bupati Bulungan Syarwani menyambut baik kunjungan silaturahmi, Manager Unit Pelaksana Proyek Pembangkit dan Jaringan Kalimantan Bagian Timur 2 (UPP Kalbagtim 2), Faal Murreyza Dundah bersama jajarannya di ruang rapat Bupati Bulungan, Selasa (01/11/22).

Bupati menyampaikan bahwa berdasarkan informasi dari PLN UPP KalbagTim II bahwa pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dari Tanjung Redeb ke Tanjung Selor sudah selesai di Bulan Agustus lalu, selanjutnya pembangunan SUTT dilanjutkan dari Tanjung Selor Ke Kabupaten Tana Tidung.

“Informasinya, PT PLN saat ini sedang melakukan pembangunan tower SUTT dari Tanjung Selor menuju Kabupaten Tana Tidung (KTT) yang progressnya sudah mencapai 40 persen. melalui 6 kecamatan yaitu Tanjung Selor, Tanjung Palas, Tanjung Palas Utara, Tanjung Palas Timur, Sekatak serta Kecamatan Sesayap di KTT. Total dari Tanjung Selor ke KTT sebanyak 327 tower,” sebutnya.

Untuk itu atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Bulungan, bupati juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya atas dukungan pembangunan ketenaga listrikan yang sudah di laksanakan oleh PT PLN.

Bupati juga mengatakan bahwa, Pemkab Bulungan sangat mendukung adanya SUTT di Bulungan, di harapkan dari camat setempat dapat mendukung progres pembangunannya untuk dapat segera di selesaikan.

“Diharapkan pembangunan listrik dengan sistem SUTT dapat bermanfaat bagi masyarakat, demikian juga ketersediaan listrik dapat semakin handal,” sebutnya.

Sementara itu Manager UPP Kalbagtim 2, Faal Murreyza Dundah mengatakan bahwa PT PLN akan mengoperasikan saluran SUTT dengan kapasitas 150 KiloVolt (Kv), dimana SUTT ini menghubungkan langsung dari sistem Tanjung Redep ke Tanjung Selor.

“Dengan adanya SUTT ini, selain mewujudkan keandalan listrik, juga dapat mengkondisikan pasokan listrik di Bulungan,” jelasnya.

Dikatakannya pula bahwa jika SUTT ini sudah beroperasi atau tersambung maka dapat saling mem-back up antar sistem dari Kaltim ke sistem Kaltara. “Teknisnya kalau ada pembangkit yang trouble, dapat saling membantu atau menyuplai listrik melalui sistem SUTT ini,” tutupnya.(MC Bulungan)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.